Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pengembangan Rumah Sakit Siloam Surabaya

Akbar, Muhammad Fareza (2018) Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pengembangan Rumah Sakit Siloam Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000016-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10111410000016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit Siloam Surabaya merupakan salah satu rumah sakit swasta yang bertempat di Jl. Gubeng Raya 88 Surabaya. Letaknya yang cukup strategi di Kota Surabaya membuat RS Siloam berencana mengembangkan bisnisnya tidak hanya untuk fasilitas umum kesehatan saja, namun juga ditambah dengan fasilitas lainya yaitu fasilitas umum pendidikan, retail/perbelanjaan, cinema, dan hotel. Melihat bahwa rencana pengembangan rs siloam yang memiliki beberapa fungsi tersebut diperkirakan akan menghasilkan tarikan dan bangkitan baru yang akan membebani ruas/segmen dan simpang di sekitar kawasan, sehingga perlu di lakukan studi andalalin terkait.
Metode yang digunakan dalam analisis dampak lalu lintas ini berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan peraturan lainya yang terkait. Tahapan analisa diawali dengan survey geometrik eksisting simpang dan ruas di sekitar, survey kondisi lingkungan, survey keluar masuk bangunan pembanding dan pengumpulan data volume kendaraan, pertumbuhan kendaraan, layout lokasi, profil gedung pembanding di instansi terkait. Tahapan selanjutnya yaitu memprediksi bangkitan tarikan yang akan ditimbulkan akibat pembangunan kawasan , selanjutnya menganalisa kinerja simpang dan ruas yang terpengaruh pada kondisi eksisting (2018), 2 tahun setelah masa pembangunan (2020) , 5 tahun setelah beroperasi (2025) dengan dan tanpa pembangunan, menghitung kebutuhan parkir, yang terakhir menyusun rekomendasi terkait dampak lalu lintas yang ditimbulkan. Dalam pengerjaan ini dibantu dengan program bantu KAJI untuk analisa simpang dan ruas jalan.
Hasil dari analisa menunjukan bahwa simpang Jl Sumatera - Jl Ngagel pada kondisi eksiting menunjukan LOS paling besar E dengan tundaan 59,51 det/smp. Untuk simpang Jl Kayoon – Jl Karimun Jawa – Jl Sono Kembang pada kondisi eksisting menunjukan LOS paling besar F dengan tundaan 65.76 det/smp. Pada tahun 2025 dengan pembangunan analisa menunjukan bahwa simpang Jl Sumatera - Jl Ngagel menunjukan LOS paling besar F dengan tundaan 346.72 det/smp. Untuk simpang Jl Kayoon – Jl Karimun Jawa – Jl Sono Kembang menunjukan LOS paling besar F dengan tundaan 904.0 det/smp. Untuk perbaikan rekomendasi yang diberikan adalah merubah waktu hijau dan melebarkan jembatan pada pendekat Jl Karimun Jawa. Adapun hasil setelah perbaikan pada tahun 2025 dengan adanya pembangunan menunjukan bahwa simpang Jl Sumatera - Jl Ngagel pada kondisi perbaikan menunjukan LOS paling besar F dengan tundaan 214.75 det/smp. Untuk simpang Jl Kayoon – Jl Karimun Jawa – Jl Sono Kembang pada tahun 2025 dengan pembangunan menunjukan LOS paling besar E dengan tundaan 47.5 det/smp
=========================================================================================================
Siloam Hospital Surabaya is one of the hospitals located at Jl. Gubeng Raya 88 Surabaya. The strategic location in Surabaya makes Siloam Hospital plans to expand its business not only for public health facilities but also other facilities such as education, retail / shopping, cinema and hotel facilities. Seeing that the plans for the development of RS Siloam that have some of these functions are expected to generate new tug and ramp that will intersection and segments around the area, so it is necessary to conduct a related traffic impact study.
The methods used in this traffic impact analysis are based on the Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) and other related regulations. The analytical phase begins with the existing geometric survey of the intersection and the surrounding segment, environmental condition survey, outbound survey and data collection of vehicle volume, vehicle growth, site layout, profile of comparison building in related institution. The next step is to predict the rise of tension that will be caused by the development of the area, then analyze the performance of the intersection and the affected segment on the existing condition (2018), 2 years after the construction period (2020), 5 years after operation (2025) with and without development, parking needs, the latter formulating recommendations related to the impact of traffic generated. In this final project is assisted by KAJI aids program for intersection analysis and road segment.
The results of the analysis show that the intersection of Jl Sumatera - Jl Ngagel on the condition of eksiting shows the largest LOS E with a delay of 59.51 det / smp. To intersection Jl Kayoon - Jl Karimun Jawa - Jl Sono Kembang on the existing condition shows the largest LOS F with a delay of 65.76 det / smp. In 2025 with the development of analysis shows that the intersection of Jl Sumatera - Jl Ngagel shows the largest LOS F with a delay of 346.72 det / smp. For intersection Jl Kayoon - Jl Karimun Jawa - Jl Sono Kembang shows the largest LOS F with a delay of 904.0 s / s smp. To improve the recommendations given is to change the green time and widen the bridge on Jl Karimun Jawa approach. The results after the improvement in 2025 with the development shows that the intersection of Jl. Sumatera - Jl Ngagel on the repair condition shows the largest LOS F with a delay of 214.75 det / smp. For the intersection of Jl Kayoon - Jl Karimun Jawa - Jl Sono Kembang in 2025 with construction shows the biggest LOS E with 47.5 det / smp delay

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 388.413 1 Akb a-1 3100018077337
Uncontrolled Keywords: Analisis dampak lalu lintas, RS Siloam , MKJI 1997, KAJI,LOS
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: akbar Muhammad fareza
Date Deposited: 14 Oct 2020 01:25
Last Modified: 14 Oct 2020 01:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55644

Actions (login required)

View Item View Item