Perancangan Vortex Generator Untuk Ballast Water Treatment Dengan Menggunakan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic)

Abdul Baqi, Muhammad Ikbar (2018) Perancangan Vortex Generator Untuk Ballast Water Treatment Dengan Menggunakan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000116_Undergraduate_Thesis_Muhammad Ikbar Abdul Baqi.pdf]
Preview
Text
04211440000116_Undergraduate_Thesis_Muhammad Ikbar Abdul Baqi.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Air balas dapat menyebabkan ancaman bagi lingkungan, kesehatan masyarakat dan ekonomi. Hal tersebut terjadi ketika air balas yang digunakan, banyak menganding organisme mikropis dan sedimen organisme. Langkah-langkah dilakukan untuk menanggulangi pencemaran akibat pembuangan air balas, pemerintah Indonesia pun meratifikasi IMO BWMC (Ballast Water Management Convention) pada tahun 2017. Metode pengolahan air balas didalam kapal pun banyak diupayakan, dari berbagai macam metode baik pengolahan secara mekanis, kimiawi dan physical akan tetap memerlukan pengamatan terkait kondisi aliran air balas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi aliran fluida atau nilai turbulensi dari simulasi CFD (Computational Fluid Dynamic), terhadap matinya zooplankton pada sampel air dengan selang waktu treatment tertentu. Konsep sederhana yang digunakan dalam pengembangan prototipe ini adalah mengalirkan sampel air laut dari pantai Kenjeran Surabaya dengan variasi debit 5 lpm, 10 lpm, 15 lpm, 20 lpm dan 25 lpm ke dalam perancangan vortex generator sebesar 2.355 liter. Sampel air dianalisis menggunakan alat bantu mikroskop stereo hingga didapatkan hasil dengan metode perhitungan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener, indeks dominasi simpson dan indeks kemerataan pielou. Dari pengamatan tersebut didapatkan hasil bahwa prototipe dapat mengurangi 99% zooplankton jenis ragam lain pada sampel air laut Kenjeran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prototipe pengolah air balas kapal, vortex generator, turbulensi, zooplankton, IMO Ballast Water Management Convention, Computational Fluid Dynamic.
Subjects: Q Science > QH Biology > QH541 Ecology
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD420 Water pollution
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD433 Water treatment plants
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ935 Pipe--Fluid dynamics. Tubes--Fluid dynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM1 Ballast (Ships)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Ikbar Abdul Baqi
Date Deposited: 01 Jul 2021 07:32
Last Modified: 01 Jul 2021 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56759

Actions (login required)

View Item View Item