Modifikasi Jembatan Kedungrejo Bentang 108 Meter Dari Sistem I Girder Menjadi Jembatan Busur Rangka Baja dan Metode Pelaksanaan

Yusuf Alhaque, Eko Arisandy (2018) Modifikasi Jembatan Kedungrejo Bentang 108 Meter Dari Sistem I Girder Menjadi Jembatan Busur Rangka Baja dan Metode Pelaksanaan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111715000006-Undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
10111715000006-Undergraduate_theses.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan sebuah Negara berkembang yang sedang melakukan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran. Salah satu pembangunan infrastruktur yang saat ini banyak ditemui adalah pembangunan jalan tol, dan dalam pembangunan jalan tol diperlukan pembangunan sebuah jembatan apabila daerah yang dilalui berupa sungai, lembah atau daerah dengan keadaan tanah yang sangat buruk. Contohnya adalah jembatan Kedungrejo, jembatan ini merupakan jembatan yang menghubungkan jalan tol dari satu sisi ke sisi yang lain akibat adanya sungai. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang ada di proyek tol ngawi-kertosono.
Jembatan Kedungrejo direncanakan dengan bentang 108m dengan dimensi melintang lantai kendaraan adalah 25 m untuk 4 lajur 2 arah. Perhitungan pembebanan yang digunakan dalam merencanakan jembatan bening ini mengacu pada peraturan BMS 1992 dan RSNI T-02-2005 dan perhitungan kekuatan struktur mengacu pada RSNI T-03-2005 dan SNI 1729-2015. Tahapan perencanaan jembatan dimulai dari perhitungan pelat lantai kendaraan dan trotoar, kemudian dilakukan perhitungan gelagar memanjang dan melintang. Setelah itu perhitungan struktur utama dan sekunder dihitung menggunakan bantuan program SAP 2000.
Setelah didapat hasil gaya dalam maka dapat dilakukan perhitungan untuk struktur atas dan struktur bawah jembatan.Dari hasil perhitungan modifikasi desain struktur Jembatan Kedungrejo didapat profil utama busur menggunakan profil box 1000.1000.50.50; 1200.1200.65.65; 1200.1200.170.170; 800.600.65.65; 600.600.20.20; 600.600.18.18; 1400.1400.70.70; 1400.1400.150.150. Profil WF 400.200.12.16; 300.300.12.12. Dibahas juga mengenai metode pelaksanaan Jembatan Kedungrejo dengan system struktur rangka batang metode balanced cantilever
==========================================================
Indonesia is a developing country which was doing a massive infrastructure development.One of infrastructure development which is currently ubiquitous is the construction of the highway, and in the construction of the highway is required the construction of a bridge in the area undertaken in the form of a river, a valley or region with the State land very bad.An example is the Kedungrejo bridge, this bridge is a bridge that connects the highway from one side to the other due to the river.This bridge is one of the bridges that are on the paths-kertosono toll road project.Kedungrejo bridge is planned with majestic 108 m span with the transverse dimensions of the floor of the vehicle is 25 m to four lanes 2 direction.Calculation of load used in planning for this bridge a clear reference to the regulation of the BMS 1992 and RSNI T-02-2005 and calculation of the force structure refers to the RSNI T-03-2005 and SNI 1729-2015.The bridge starts from the planning stages in the calculation of the floor plate of the vehicle and the pavement, and then done the calculation gelagar lengthwise and transverse.After that the calculation of the main and secondary structures calculated using SAP 2000 program assistance.After the results obtained in the style then it can do calculations for structures up and down the bridge structure. From the results of the calculation of Bridge structure design modifications Kedungrejo obtained the main arc of the profile using the profile box 1000.1000.50.50; 1200.1200.65.65; 1200.1200.170.170; 800.600.65.65; 600.600.20.20; 600.600.18.18; 1400.1400.70.70; 1400.1400.150.150.Profile 400.200.12.16 WF; 300.300.12.12. also Discussed about the method of implementation of the Kedungrejo Bridge with system structure frame rods balanced cantilever method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Depositing User: Eko Arisandy Yusuf Alhaque
Date Deposited: 30 Jun 2021 06:43
Last Modified: 30 Jun 2021 06:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56798

Actions (login required)

View Item View Item