Analisis Frekuensi Tubrukan Kapal dan Pemodelan Persebaran Tumpahan Minyak di Alur Pelayaran Pelabuhan Dumai

Wijaya, Rio Dwi Sakti (2018) Analisis Frekuensi Tubrukan Kapal dan Pemodelan Persebaran Tumpahan Minyak di Alur Pelayaran Pelabuhan Dumai. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211440000016-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211440000016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Dumai merupakan salah satu Pelabuhan utama di Provinsi Riau. Dari tahun ke tahun jumlah kapal yang ada di Pelabuhan Dumai terus mengalami kenaikan. Di Dumai terdapat kilang minyak milik Pertamina dimana memasok 23 % kebutuhan minyak nasional sehingga banyak kapal tanker yang berada disana. Adanya kilang minyak milik Pertamina dan tingginya aktivitas kapal di Pelabuhan Dumai menyebabkan potensi tubrukan yang terjadi pada kapal tanker cukup besar. Tubrukan yang terjadi pada kapal tanker dapat menyebabkan tumpahan minyak di laut. Pada tugas akhir ini akan dilakukan analisis frekuensi tubrukan kapal dan pemodelan persebaran tumpahan minyak. Perhitungan frekuensi tubrukan kapal dilakukan dengan menggunakan Software IWRAP yang divalidasi dengan perhitungan manual berdasarkan IWRAP Theory. IWRAP merupakan perangkat permodelan yang digunakan untuk melakukan penilaian risiko khususnya tubrukan dan grounding. Hasil dari frekuensi akan tergantung dari jenis kapal yang ada meliputi panjang, lebar,dan jumlah dimana metode yang digunakan didasarkan oleh formula yang dirumuskan oleh Fujii. Hasil perhitungan frekuensi yang dilakukan dengan Software IWRAP untuk skenario crossing collision, head-on collision, dan Overtaking Collision dengan nilai berturut-turut sebesar 0,014646302, 0,42579188, dan 0,105138. Berdasarkan hasil analisis frekuensi tubrukan kapal, didapatkan hasil error validasi dari crossing collision, head-on collision, dan overtaking collision dengan nilai berturut-turut sebesar 1,24 %, 1,81 %, dan 1,51%. Selain itu dilakukan analisis konsekuensi berupa pemodelan persebaran tumpahan minyak dengan menggunakan Software GNOME. Dalam simulasi yang dilakukan didapatkan bahwa pada kecepatan angin konstan 7 m/s sebanyak 3 m3 minyak akan mencapai pantai dan 1.653 m3 minyak akan terapung di perairan sedangkan pada simulasi dengan kecepatan angin beragam sebanyak 30 m3 minyak akan mencapai pantai dan 1.615 m3 minyak akan terapung di perairan. Besaranya total biaya penanggulangan adalah sebesar 646 milyar rupiah. Dari hasil tugas akhir yang dilakukan dapat menjadi pertimbangan pemilihan langkah mitigasi yang tepat bila terjadi tumpahan minyak di daerah tersebut.
===============================================================================================
Dumai Port is one of the major ports in Riau Province. From year to year, the number of vessels in Dumai port continues to increase. In Dumai there is a Pertamina oil refinery where it supplies 23% of the national oil needs so it makes many tankers in there. The existence of Pertamina oil refinery and the activity ships in Dumai port impact potential collision that occurred on the tanker is big enough. The collision occurring on a tanker can cause oil spills in the sea. In this final project will be analyzed the frequency and modelling of oil spill dispersion. The analysis of the ship's collision frequency is done by using IWRAP Software which is validated by manual calculation based on IWRAP Theory. IWRAP is a modelling device used to perform risk assessments, especially collisions and grounding. The results of the frequency will depend on the type of vessel that exists including the length, width and amount of which the method used is based on the formula formulated by Fujii. The results of calculations performed with IWRAP Software for crossing collision scenario, head-on collision, and overtaking collision are 0.014646302, 0.42579188 and 0.105138. Based on the result of ship collision analysis, the result of validation error from crossing collision, head-on collision, and overtaking collision is 1.24%, 1.81% and 1.51%. In addition, analysis of consequences is done by modelling dispersion of oil spill using GNOME software. In the simulation it was found that at constant wind speed 7 m/s , 3 m3 the oil will reach the coast and 1,653 m3 of oil will float in the waters while in simulation with wind speed varies as much as 30 m3 oil will reach the beach and 1,615 m3 of oil will float in waters. The total cost of the oil spill fund is 646 billion rupiahs. From the results of the research can be a consideration for the selection of appropriate mitigation measures when the oil spill occurs in the area.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tubrukan kapal, konsekuensi tubrukan kapal, head-on collision, crossing collision, Overtaking Collision, IWRAP Theory, tumpahan minyak, GNOME
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rio Dwi Sakti Wijaya
Date Deposited: 18 Jul 2021 21:18
Last Modified: 18 Jul 2021 21:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57276

Actions (login required)

View Item View Item