Modifikasi Perencanaan Jembatan Lrt Cikunir Bentang 105 Meter Menggunakan U-Box Girder Prestressed Concrete Segmental Balanced Cantilever

., Aisyah (2018) Modifikasi Perencanaan Jembatan Lrt Cikunir Bentang 105 Meter Menggunakan U-Box Girder Prestressed Concrete Segmental Balanced Cantilever. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000035-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000035-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Proyek Jembatan LRT Cikunir merupakan bagian dari proyek pembangunan LRT Jabodebek yang melintasi simpang susun jalan tol Jakarta – Cikampek. Dalam perencanaan eksisting Jembatan LRT Cikunir, struktur yang digunakan adalah u-box girder prestressed concrete segmental dengan bentang utama 95 meter, sehingga dalam perencanaan tersebut posisi pilar jembatan akan berada pada ramp jalan tol. Pemasangan pilar jembatan apabila pada posisi tersebut akan menimbulkan resiko yang besar terhadap ramp jalan tol tersebut sehingga dibutuhkan solusi agar resiko tersebut bisa dihindari.
Struktur u-box girder dibuat segmental cast in situ. Metode konstruksi yang digunakan adalah balanced cantilever dengan menggunakan formwork traveler. Berdasarkan data perencanaan, dilakukan preliminary design dengan menentukan dimensi-dimensi utama jembatan. Analisa beban yang terjadi terdiri dari analisa berat sendiri, analisa beban mati tambahan, dan beban hidup kendaraan. Kemudian dilakukan perhitungan analisa gaya dalam akibat sistem balanced cantilever dan sistem statis tak tentu. Selanjutnya dilakukan perhitungan penulangan u-box, kontrol lendutan, perhitungan geser, perhitungan kekuatan dan stabilitas yang meliputi kontrol momen retak, kontrol momen batas dan kontrol lendutan. Perhitungan struktur mengacu pada peraturan yang berlaku terhadap bidang perencanaan ini. Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah bentuk dan dimensi penampang u-box girder, pier, dan pondasi yang sesuai beserta detail penulangannya. Serta menentukan letak tendon pada penampang yang dituangkan dalam bentuk tabel dan gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LRT, prestressed concrete, segmental, tendon, balanced cantilever, cast in situ, formwork traveler.
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Aisyah -
Date Deposited: 22 Jul 2021 21:07
Last Modified: 22 Jul 2021 21:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57690

Actions (login required)

View Item View Item