Simulasi Utilisasi Sisi Udara Suatu Bandara Terhadap Kesesuaian Dengan Data Arah Angin Rencana

., Arkoputra (2018) Simulasi Utilisasi Sisi Udara Suatu Bandara Terhadap Kesesuaian Dengan Data Arah Angin Rencana. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111440000101-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111440000101-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pembangunan Runway atau landasan pacu suatu bandara hal yang sangat krusial adalah salah satunya mengenai arah angin. Karena arah angin adalah hal utama yang menentukan arah dari landasan pacu tersebut. Maka dari itu analisa utilisasi bandara khususnya di landasan pacu atau sisi udara sangat terpengaruh oleh data-data dari angin yang berlokasi di sekitar bandara tersebut.
Topik di Tugas Akhir ini adalah tentang utilisasi sisi udara suatu bandara ditinjau terhadap pengaruh oleh perbedaan data angin pada proses desain yang tidak sesuai dengan data angin baru, hal ini menyebabkan tidak maksimalnya arah runway untuk melayani pergerakan suatu pesawat. Pesawat rencana adalah pesawat yang telah diasumsikan menggunakan pesawat paling kecil karena semakin besar pesawat daya tahan terhadap gaya angin melintang dengan landasan pacu semakin tinggi . Keberadaan angin melintang mempengaruhi kinerja dari bandara karena dapat menyebabkan kecelakaan di landasan. Pesawat mendarat dengan kondisi powerless dan sangat berbahaya jika ada gaya lain yang bekerja pada pesawat tersebut.
Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan studi literature tentang landasan pacu pesawat dan angin yang berperngaruh pada desain arah angin. Pengumpulan data angin untuk menunjang analisis arah angin agar menghasilkan utilisasi lebih dari persyaratan minimum yaitu 95% dengan cara menggunakan software windrose dan mengubah arah runway per 10° dan setelah di analisis untuk arah runway yang memenuhi syarat utilisasi telah dilakukan perbandingan utilisasi dengan bandara lain yang data arah angin nya sudah tidak ada masalah.
Hasil dari penulisan tugas akhir ini adalah mengetahui tingkat utilisasi landasan pacu di suatu bandara dengan mengetahui data arah angin baru yang digunakan untuk menganalisa arah dan orientasi runway.
==================================================================================================
In the construction of runways the most crucial thing is wind direction. Because wind direction is the main thing that determines the direction of the runway. Therefore, the airport utilitation analysis, especially on the runway or the air side, is strongly influenced by data from the winds located around the airport.
In this Final Project the author discussing and reviewing about air side utilitation of an airpor t that influenced by the difference of wind plan data which is not in accordance with new wind data causing the direction of runway not maximal to be landed by a plane that has been plan. The plane itself be assumed with the smallest aircraft because the greater the aircraft resistance to the transverse wind force with the runway the higher then the smallest assumption plane taken. where it affects the performance of the airport because the main thing in the aircraft's aircraft is the wind. The aircraft landed with powerless conditions and is very dangerous if there are other forces that work on the plane.
The first step to do is to study the literature on the runway plane and then conducted data collection to support the analysis be conducted next be analyzed data on the direction of the runway to produce utilities more than the minimum requirements of 95% by using windrose software and change the direction runway per 10 ° and after the analysis for the direction of the runway eligible utilitation be done comparison of utilitation with other airports whose wind direction data is no problem.
The result of this final assignment is to know the level of runway utilitation at an airport by knowing the new wind direction data used to analyze the direction and orientation of the runway

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bandara, Runway, Arah Runway, Utilisasi Sisi Udara Bandara
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Arko Putra
Date Deposited: 07 May 2020 04:18
Last Modified: 22 Jul 2021 22:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57769

Actions (login required)

View Item View Item