Pengaruh Penambahan Electric Supercharger Pada Mesin Diesel Dual Fuel Dengan Variasi Mass Flow Rate Udara Terhadap Proses Pembakaran

., Jamaludin (2018) Pengaruh Penambahan Electric Supercharger Pada Mesin Diesel Dual Fuel Dengan Variasi Mass Flow Rate Udara Terhadap Proses Pembakaran. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111650020005_Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111650020005_Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Diesel bahan bakar ganda atau Diesel Dual Fuel (DDF) adalah mesin standar diesel yang ditambahkan bahan bakar lain pada intake manifold dan penyalaan bahan bakar dilakukan oleh semprotan solar yang disebut pilot fuel. sistem dual fuel secara umum mengalami permasalahan pada berkurangnya rasio udara dan bahan bakar. Jumlah udara pembakaran berkurang disebabkan adanya pemasukan bahan bakar gas pada intake manifold, hal ini menyebabkan AFR menjadi lebih rendah. AFR yang rendah menyebabkan terjadinya campuran yang kaya pada pembakaran, sehingga efisiensi termal menjadi lebih rendah karena bahan bakar tidak terbakar secara menyeluruh. Dalam penelitian ini ingin diketahui pengaruh penambahan mass flow rate udara dengan menggunakan electric supercharger pada mesin diesel dual fuel terhadap proses pembakaran yang secara spesifik ditunjukkan oleh tekanan silinder, heat release rate, dan emisi yang dihasilkan.
Penelitian ini dilakukan secara eksperimental pada mesin diesel Diamond tipe Di 800 single fuel yang dimodifikasi menjadi sistem dual fuel dengan sistem pemasukan gas CNG model indirect injection. Metode yang dilakukan adalah penambahan mass flow rate udara ke dalam ruang bakar melalui intake manifold sebesar 0.0063 kg/s, 0.0072 kg/s, 0.0077 kg/s, 0.0087 kg/s, dan 0.0095 kg/s dengan mengatur voltase pada electric supercharger 8V, 9V, 10V, 11V, dan 12V. Pengukuran proses pembakaran menggunakan Combustion Analyzer untuk mendapatkan nilai tekanan silinder dan heat release rate. Pengukuran emisi menggunakan gas analyzer untuk mendapatkan nilai emisi CO, HC, dan PM.
Hasil terbaik penelitiian ini didapatkan dengan penambahan mass flow rate (ṁ) udara pada sistem dual fuel dapat mensubtitusi solar tertinggi 56.45%, efisiensi termal mengalami peningkatan tertinggi sebesar 33.57% tetapi masih dibawah kondisi single fuel, dan meningkatkan AFR rata-rata sebesar 64.31%. Tekanan silinder tertinggi 65.03 bar, dan laju pelepasan kalor tertinggi 111.18 KJ/m³ dibandingkan dengan single fuel. Emisi CO dan HC rata-rata turun sebesar 15.18% dan 62.35% meskipun masih diatas kondisi single fuel, sedangkan emisi PM naik seiring bertambahnya beban tetapi dibandingkan kondisi single fuel menurun rata-rata sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Electric Supercharger, mesin diesel Diamond tipe Di 800, proses pembakaran, tekanan silinder, heat release rate, pembentukan emisi.
Subjects: Q Science
Q Science > Q Science (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Jamaludin -
Date Deposited: 29 Jul 2021 09:41
Last Modified: 29 Jul 2021 09:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57773

Actions (login required)

View Item View Item