Pengaruh Variasi Rasio Kompresi Terhadap Unjuk Kerja Mesin Yanmar TF 85 MH-DI Menggunakan Compressed Natural Gas

Herfanda, Faishal Afif (2018) Pengaruh Variasi Rasio Kompresi Terhadap Unjuk Kerja Mesin Yanmar TF 85 MH-DI Menggunakan Compressed Natural Gas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211441000035_Undergraduated_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211441000035_Undergraduated_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada era ini kebutuhan akan energi konvensional selalu meningkat pada setiap tahunnya, beberapa peneliti dunia memprediksi akan terjadi krisis energi dimasa mendatang terkait bahan bakar minyak konvensional dikarenakan selalu meningkatnya kebutuhan manusia. Kendala utama terjadi pada biaya yang selalu menikat serta emisi dari gas buang yang beracun membuat para ahli saat ini mulai mencari bahan bakar alternatif. Dikarenakan hal tersebut pada penelitian kali ini dilakukan modifikasi mesin Yanmar TF 85 MH-DI dengan penambahan Compressed Natural Gas (CNG) sebagai alternatif untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dengan minyak konvensional. Dalam penelitian kali ini menggunakan dua metode yaitu simulasi dan eksperimen. Pada tahap simulasi dilakukan improvisasi pada piston dengan memvariasikan kompresi rasio (CR) yang bertujuan untuk melihat performa terbaik dari mesin Yanmar TF 85 MH-DI dengan penambahan CNG. Pada proses pemilihan CR dilakukan simulasi dengan GT-Power. Perbedaan CR didapatkan dengan memodifikasi bentuk piston. Hasil terbaik dari simulasi terjadi pada CR 1:16 dengan melihat torsi, daya dan specific fuel oil consumption (sfoc). Selanjutnya pada tahap eskperimen dilakukan pengujian performa dengan membandingkan daya, torsi, sfoc dan spesific energy consumption (sec). Pengujian performa dilakukan dengan membandingan CR 1:18 dengan CR 1:16. Tidak hanya itu, pada tahap ini dilakukan variasi bahan bakar dengan komposisi Pertamina Dex + 1L/min CNG, Pertamina Dex + 2L/min CNG dan Pertamina Dex + 3 L/min CNG. Pada eksperimen kali ini tidak mengurangi jumlah bahan bakar Pertamina Dex sehingga penyemprotannya tetap pada 100%. Dikarenakan penyemprotan bahan bakar pada mesin ini masih bekerja secara mekanik sehingga sulit dilakukan pengaturan jumlah Pertamina Dex yang disemprotkan pada ruang bakar. Dari hasil eskperimen meningkatnya torsi dan daya pada CR 1:16 dengan bahan bakar Pertamina Dex + 1L/min. Sfoc terendah dari CR 1:16 terjadi saat rpm 2200 dan sec terendah dari CR 1:16 terjadi saat rpm 2000 dengan Pertamina Dex + 2L/min CNG.
========================================================================================================
In this era the need for conventional energy is always increasing every year, some researchers predict future energy crisis related to conventional fuel oil due to always increasing human needs. The main obstacle to the ever-binding costs and emissions from toxic exhaust gases is that researchers are now beginning to look for alternative fuels. Due to the fact that in this research, the modification of Yanmar TF 85 MH-DI with addition of Compressed Natural Gas (CNG) as an alternative fuel to reduce fuel oil consumption on conventional oil. In this research use two method simulation and experiment. In the simulation, improvisation of the piston by varying the compression ratio (CR) aimed to see the best performance of Yanmar TF 85 MH-DI with addition of CNG. In the CR selection process is done simulation with GT-Power. The CR difference is obtained by modifying the piston shape. The best results of the simulations occur at CR 1:16 by looking at torque, power and specific fuel oil consumption (sfoc). Furthermore, during the experiment stage, performance testing is done by comparing power, torque, sfoc and specific energy consumption (sec). Performance testing is done by comparing CR 1:18 with CR 1:16. Not only that, at this stage the fuel variation is done with Pertamina Dex + 1L / min CNG, Pertamina Dex + 2L / min CNG and Pertamina Dex + 3 L / min CNG. In experiment this time does not reduce the injection of Pertamina Dex so the injection remains at 100%. Because injection fuel on this engine still works mechanically so it is difficult to do the amount of Pertamina Dex injection on the combustion chamber. From experiment result increase of torque and power at CR 1:16 with Pertamina Dex + 1L / min. The lowest sfoc of CR 1:16 occurs at 2200 rpm and the lowest sec of CR 1:16 occurs at rpm 2000 with Pertamina Dex + 2L / min CNG.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 36 Her t-1 3100018077988
Uncontrolled Keywords: Compressed Natural Gas, Compression Ratio, Engine Performance, Modification, Improve Piston
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faishal afif Herfanda
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:22
Last Modified: 30 Dec 2020 04:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57884

Actions (login required)

View Item View Item