Desain Modifikasi Struktur Gedung Medis Rumah Sakit Di Sepanjang Menggunakan Beton Pracetak Dan Metode Pelaksanaan Balok Dan Pelat

Siringoringo, Yosia Suwadi (2018) Desain Modifikasi Struktur Gedung Medis Rumah Sakit Di Sepanjang Menggunakan Beton Pracetak Dan Metode Pelaksanaan Balok Dan Pelat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000045-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000045-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Proyek Modifikasi Rumah Sakit Siti Khodijah merupakan proyek pembangunan yang terletak di Jalan Pahlawan No. 26 Sepanjang, Sidoarjo dengan desain awal menggunakan metode beton cor cast in-situ. Pada Proyek Akhir Terapan ini, akan direncanakan desain modifikasi dengan menggunakan metode beton pracetak (precast) pada struktur sekunder yaitu plat dan balok anak serta pada struktur primer yaitu balok induk. Modifikasi juga dilakukan pada jumlah lantai bangunan yang semula 7 lantai menjadi 8 lantai karena kebutuhan kapasitas untuk ruang rawat inap. Dalam mendesain elemen struktur pracetak, mengacu pada peraturan SNI 2783: 2013 dan PCI Design Handbook 7th Edition Precast and Prestress Concrete . Dari data perencanaan yang telah ada, dilakukan perhitungan preliminari desain untuk dimensi plat, balok dan kolom. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan penulangan berdasarkan hasil gaya dari permodelan yang didapat dari SAP2000, khusus untuk kolom, penulangan akan diambil dari output program bantu Pcacol . Setelah menghitung penulangan, akan dilanjutkan dengan perhitungan dan desain sambungan balok-kolom, balok-plat, dan plat-plat. Perencanaan akhir berupa metode pelaksanaan pengerjaan plat dan balok dengan metode pracetak. Pendetailan penulangan akan dituangkan dalam bentuk gambar dengan bantuan program bantu AutoCad. Perencanaan juga melibatkan lokasi bangunan yang berpengaruh pada perhitungan gempa, mengingat di Indonesia adalah daerah rawan gempa. Dengan semua perencanaan diatas, diharapkan perhitungan yang dilakukan dapat menunjang kekuatan struktur dari bangunan dan memenuhi persyaratan keamanan struktur berdasarkan SNI 03-2847-2013 Tentang Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung, SNI 03-1726-2013 tentang Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung dan pengerjaan Proyek Akhir Terapan berlangsung dengan lancar. Adapun tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah, untuk memperoleh dimensi dari semua elemen struktur yang efesien, tulangan yang efesien dan permodelan yang tepat untuk bangunan tahan gempa.
====================================================================================================
Modification project of Siti Khodijah Hospital is located at Jalan Pahlawan No. 26, Sidoarjo through prelimenary design using cast in-situ method. On the last step of this Final Project, modification design with precast concrete method will be carried out on the secunder structure, namely plate and supporting beam, also on the primary structure called main beam. The modification will also be applied on building’s number of floors, previous 7 floors building will becoming 8 floors as it needs more capacity for inpatient room. This design process of precast structure element is based on SNI 2783: 2013 dan PCI Design Handbook 7th Edition Precast and Prestress Concrete. Prelimenary design measurement for the dimension of plate, beam and column will be carried out based on the planning prepared data. Furthermore, skeleton frame measurement from the result of prototype, will be based on SAP2000. Especially for column, skeleton frame will be based on the output of supporting programme, Pcacol. Later on, measurement and design process of structure from beam-column, beam-plate and plate-plate will be carried out. The final concept is implementetion process of plate and beam with precast method. Details of skeleton frame will be presented in pictures using AutoCAD software.
This project will also considering building location that will affect earthquake disaster calculation as Indonesia is earthquake prone country. Through all the process above, hopefully the analysis could support structure strengthness of a building and fulfill structure safety requirements based on SNI 03-2847-2013 Tentang Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung, SNI 03-1726-2013 tentang Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung and this Final Project will be done successfully. The purpose of this final project is to obtain dimension from all efficient structure elements, efficient skeleton frame and appropriate prototype for earthquake-resistant buildings.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: beam, modification, plate, precast
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Yosia Suwadi Siringoringo
Date Deposited: 02 Aug 2021 22:44
Last Modified: 02 Aug 2021 22:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58247

Actions (login required)

View Item View Item