Analisa Kemampuan Absorpsi Energi Impact Darikomposit Serat Rami Chopped - Hgm Epoxy Karbon Fiber Terhadap Impact Proyektil Peluru

Wijoyo, Achmad Bimo Singo and Suti, Sut (2018) Analisa Kemampuan Absorpsi Energi Impact Darikomposit Serat Rami Chopped - Hgm Epoxy Karbon Fiber Terhadap Impact Proyektil Peluru. Undergraduate thesis, Instituk Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100056-undergraduate_thesis.pdf]
Preview
Text
2110100056-undergraduate_thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maraknya aksi terror dan tindak kejahatan senjata api membuat resah masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan data dari BNPT yang menunjukan 2,7 juta orang Indonesia terlibat aksi terorisme. Dengan meningkatnya terorisme dan kejahatan, permintaan akan rompi anti peluru sebagai alat perlindungan keamanan negara meningkat hingga 80%. Akan tetapi bahan dasar Kevlar atau serat aramid sebagai bahan dasar rompi anti peluru susah didapat dan harus impor dari luar negeri. Sumber daya alam yang melimpah di Indonesia memiliki potensi untuk dikembangkan khusus nya serat alam. Penelitian ini bertujuan untuk mencari komposisi terbaik dengan bahan dasar serat Rami, FiberKarbon, HGM dan epoksi resin.
Pada penelitian ini digunakan serat rami choped yang banyak terdapat di Indonesia dan fiber karbon sebagai penguat komposit dengan epoxy resin sebagai matriks pengikat. Dengan komposisi 30% serat rami 16% HGM dan rami diharapkan mampu menahan impact dari proyektil peluru.Serat rami chopped tersebut di campur dengan hgm epoksi dan di konfigurasikan pada posisi tertentu dengan fiber karbon dengan posisi di belakang. Sebelum dilakukan eksprimen tembak pada prototipe, dilakukan simulasi dengan menggunakan finite element untuk mengetahui fenomena yang terjadi dan ketebalan paling optimum untuk menahan impact proyektil peluru.
Berdasarkan penelitian didapatkan konfigurasi 7mm komposi HGM serat rami chopped 8 lapis fiber karbon dan epoksi resin sebagai penguat. Panel anti peluru meneruskan energi sebesar 138.52 joule dengan berat 1.618kg pada metode simulasi dan untuk konfigurasi 13mm panel dan 8layer meneruskan energy 106.85 Joule. Dengan energy serapan untuk serat rami untuk ketebalan 7mm sebesar 21.07 Joule dan 13mm sebesar 35.28mm. Energi serap terbesar ada pada fiber carbon pada 7mm sebesar 209.90 Joule dan pada 13mm 227.36 Joule

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.9 Composite materials. Laminated materials.
Depositing User: Wijoyo Achmad Bimo Singo
Date Deposited: 03 Aug 2021 21:02
Last Modified: 03 Aug 2021 21:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58294

Actions (login required)

View Item View Item