Autonomous System Pada Quadcopter Pencari Korban Bencana Banjir

Menggala, Guruh Putra (2018) Autonomous System Pada Quadcopter Pencari Korban Bencana Banjir. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10311500000085_DIPLOMA.pdf]
Preview
Text
10311500000085_DIPLOMA.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bencana banjir hampir setiap musim melanda Indonesia. Berdasarkan nilai kerugian dan frekuensi kejadian bencana banjir terlihat adanya peningkatan yang cukup berarti. Bencana banjir ini juga bisa mengakibatkan korban jiwa. Kesulitan untuk melakukan pencarian korban bencana banjir ini adalah ketika korban jiwa tersebut berada di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh TIMSAR. Untuk memudahkan melakukan pencarian ini dibutuhkan sebuah alat bantu untuk melakukan sebuah pencarian. Alat bantu tersebut adalah quadcopter.
Quadcopter adalah sebuah wahana tanpa awak yang menggunakan 4 propeller dan motor brushless sebagai alat bantu untuk quadcopter terbang dan bermanuver. Quadcopter biasanya dikendalikan dengan menggunakan remote control. Pada tugas akhir kali ini quadcopter ini dikendalikan secara autonomous system sehingga bisa menjangkau lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh TIMSAR. Metode yang digunakan untuk mengendalikan quadcopter secara autonomous system yaitu menggunakan software APM planner. Software APM planner sebuah software yang digunakan untuk mengendalikan quadcopter secara autonomous. Untuk sistem kerja dari APM planner adalah membuat denah atau peta dimana pesawat itu akan terbang. Sehingga pesawat tersebut bisa terbang secara terarah tanpa harus mengikuti gerak dari operator.
Hasil dari Tugas Akhir (TA) ini adalah quadcopter bisa melakukan penyisiran dengan terbang secara autonomous system. Serta jarak yang dijangkau oleh quadcopter sejauh 100 m.
============================================================
Flood disaster almost every season hit Indonesia. Based on the value of loss and frequency of flood disasters seen a significant increase. This flood disaster can also cause casualties. The difficulty to search for the victims of this flood disaster is when the victim is in a place that can not be reached by TIMSAR. To facilitate this search it takes a tool to do a search. The tool is a quadcopter.
Quadcopter is an unmanned vehicle that uses 4 propellers and a brushless motor as a tool for quadcopter flying and maneuvering. Quadcopter is usually controlled using a remote control. In this final task this quadcopter is controlled by autonomous system so that it can reach the location that can not be reached by TIMSAR. The method used to control the quadcopter is autonomous system using APM planner software. APM software planner software used to control quadcopter autonomous. For the work system of APM planner is to make a map or map where the plane will fly. So that the plane can fly directionally without having to follow the motion of the operator.
The result of this Final Assignment (TA) is a quadcopter can do the sweep by flying autonomous system. And the distance reached by the quadcopter as far as 100 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSEO 629.892 Men a
Uncontrolled Keywords: GPS, modul telemetry, Quadcopter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ211 Robotics.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Guruh Putra Menggala
Date Deposited: 01 Oct 2020 07:00
Last Modified: 21 Jan 2021 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/58681

Actions (login required)

View Item View Item