Pengaruh Variasi Groove Pada Pengelasan Bak Truck Menggunakan Filler ER70S-6 Dan Baja SA-36 Dengan Metode Pengelasan MAG

Rahmawan, M Fatahillah (2018) Pengaruh Variasi Groove Pada Pengelasan Bak Truck Menggunakan Filler ER70S-6 Dan Baja SA-36 Dengan Metode Pengelasan MAG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211500000093-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10211500000093-Non_Degree.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengelasan adalah suatu proses penggabungan logam dimana logam menjadi satu akibat panas las dengan atau tanpa pengaruh tekanan, dan dengan atau tanpa logam pengisi. Teknologi dalam pengelasan semakin berkembang dengan pesat dimana untuk memperbaiki hasil pengelasan yang bertujuan untuk mengurangi nilai perubahan bentuk / distorsi akibat dari proses pengelasan. Material yang yaitu SA-36 yang memang diperuntukkan untuk bejana tekan dan mempunyai nilai keamanan yang tinggi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui perbedaan pengelasan dengan variasi groove terhadap hasil lasan. Pengujian dilakukan di Workshop Jurusan Teknik Mesin Industri FV-ITS Surabaya. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah uji kekerasan, uji metalografi, dan uji tarik sesuai standard.
Dari penelitian ini didapatkan hasil pengujian tarik yaitu square groove putus di logam las karena mengalami cacat IP sehingga didapat UTS sebesar 205.079 MPa dengan kekerasan tertinggi di logam las sebesar 86.6 HRb dan V-groove putus di HAZ sehumgga didapat UTS sebesar 329.424 MPa dengan kekerasan tertinggi di HAZ sebesar 87.8 HRb.
========================================================================================================================
Welding is a process of combining metals in which the metal becomes one due to weld heat with or without pressure effect, and with or without filler metal. Technology in welding is growing rapidly where to improve the welding results that aims to reduce the value of shape changes / distortions resulting from the welding process. The material that is SA-36 which is intended for pressure vessel and has a high security value.
This research uses experimental method to know the difference of welding with variation of groove to weld result. The test was conducted in Workshop of Industrial Engineering Department of FV-ITS Surabaya. The parameters observed in this research are hardness test, metallographic test, and standard tensile test.
From this research, the result of tensile testing is square groove broken in welding metal due to IP disability so that UTS obtained 205.079 MPa with the highest hardness in welding metal of 86.6 HRb and V-groove broken at HAZ so obtained UTS of 329.424 MPa with the highest hardness at HAZ of 87.8 HRb.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSMI 671.52 Rah p
Uncontrolled Keywords: Pengelasan, SA-36, Squaregroove, V-groove, Kekerasan.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: M Fatahillah Rahmawan
Date Deposited: 18 Nov 2020 05:57
Last Modified: 18 Nov 2020 05:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59121

Actions (login required)

View Item View Item