Analisis Perilaku Gerakan Kapal Di Perairan Terbatas

Imanuddin, Fajar (2003) Analisis Perilaku Gerakan Kapal Di Perairan Terbatas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4195100034-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Sebuah kapal yang bergerak dekat dengan dermaga akan mengalami perubahan arah geraknya. Hal ini disebabkan oleh adanya pengaruh dari aliran fluida di daerah dekat dermaga. Berkembangnya metode numerik dalam bidang mekanika fluida telah banyak membantu untuk menganalisa fenomena-fenomena yang terjadi di alam. Dengan analisa numerik menggunakan metode volume hingga, yang merupakan satu bagian dari computational fluid dynamics, dan dengan bantuan perangkat komputer yang telah banyak berkembang, dimungkinkan untuk menganalisis system fluida yang kompleks. Dalam penelitian ini digunakan variable jarak kapal ke dermaga/bank dan kecepatan kapal. Jarak ke dermaga ditentukan sebagai fungsi dari panjang kapal, yaitu : L, L/2, L/3, L/4, LIS. Untuk kecepatan kapal digunakan angka Froude dan dibedakan menjadi tiga, yaitu 0,08, 0,10 dan 0, 12. Dari percobaan dapat diketahui bahwa semakin dekat jarak kapal ke dermaga maka kapal mengalami gaya sway dan momen yaw yang semakin besar. Demikian pula dengan kecepatan kapal. Scmakin tinggi kecepatan kapal, gaya sway dan momen yaw yang dialami semakin besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.812 Ima a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM365 Remote submersibles. Autonomous vehicles.
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:23
Last Modified: 28 Aug 2018 03:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59489

Actions (login required)

View Item View Item