Studi Perbandingan Kekuatan Konstruksi Lambung Kapal Kayu Sistem Overlaping Dan Sistem Pantek

Agus, Heru C (2004) Studi Perbandingan Kekuatan Konstruksi Lambung Kapal Kayu Sistem Overlaping Dan Sistem Pantek. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4199100002-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4199100002-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Sistem konstruksi yang digunakan pada lambung kapal kayu ada dua macam yaitu sistem konstruksi overlaping dan sistem konstruksi pantek. Dari segi kekuatan kedua jenis konstruksi ini bel urn pemah diungkap. Dalam Tugas Akhir ini dilakukan penelitian tentang perbandingan kekuatan sistem konstruksi overlaping dan sistem konstruksi pantek dalam menahan beban bending. Spesimen yang digunakan dalam percobaan disesuaikan dengan yang ada pada konstruksi lambung kapal kayu. Bahan yang dipakai sebagai spesimen kedua sistem konstruksi adalah kayu yang biasa digunakan dikapal. Alat penyambung pada sistem konstruksi overlaping adalah sekrup sedangkan pasak kayu pong digunakan untuk sistem konstruksi pantek. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji bending dengan beban bertingkat. Mula - mula diberi beban 1,5 KN kemudian dinaikkan kelipatannya sampai spesimen mengalami kerusakan. Data untuk analisa adalah deformasi beban dan deformasi sisa. Deformasi beban berhubungan dengan kekuatan dalam menahan beban dan deformasi sisa berhubungan dengan elastisitas kedua sistem konstruksi. Dari analisa data percobaan dapat disimpulkan bahwa sistem konstruksi pantek lebih kuat dalam menahan beban dari pada sistem overlaping. Begitu pula dari segi elastisitas sistem pantek lebih elastis dari pada sistem overlaping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.84 Agu s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 06 Sep 2018 03:27
Last Modified: 06 Sep 2018 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59588

Actions (login required)

View Item View Item