Perancangan Dan Implementasi Game Puzzle Simulasi Pengaturan Lalu Lintas Kota: Traffic Panic Berbasis Android

Al Chasni, Achmad Ibnu Malik (2019) Perancangan Dan Implementasi Game Puzzle Simulasi Pengaturan Lalu Lintas Kota: Traffic Panic Berbasis Android. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111540000175-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05111540000175-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi membuat banyak perubahan terutama dalam perkembangan game atau aplikasi permainan. Pengalaman bermain mulai berubah dari sesuatu yang statis menjadi dinamis. Contohnya dalam game ber-genre simulasi yang menyediakan pengalaman mirip seperti keadaan dunia nyata yang disuguhkan dalam dunia permainan yang mengasyikan. Genre ini termasuk sangat populer karena memiliki nilai edukasi yang tinggi dan terbukti dapat menyampaikan nilai - nilai pembelajaran secara efektif tetapi tidak mengurangi unsur menyenangkan pada game.
Pada ‘Traffic Panic’ ini penulis menawarkan sebuah game simulasi lalu lintas kota yang didasari pada fakta bahwa kepadatan lalu lintas menjadi salah satu masalah utama yang terjadi di kota besar pada negara berkembang. Indonesia terutama kota Jakarta memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang sangat tinggi, menduduki peringkat ke-17 dengan indeks kemacetan mencapai 237,25. Kepadatan lalu lintas terjadi karena pertumbuhan infrastruktur jalan dan transportasi umum tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan kendaraan serta akibat perilaku tidak tertib masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Perilaku tersebut karena pendidikan mengenai pentingnya mematuhi aturan lalu lintas tidak diberikan pada pendidikan sekolah.
‘Traffic Panic’ merupakan game puzzle-simulation yang berfokus kepada penanganan kemacetan kota. Menggunakan keunggulan dari genre simulasi penulis berharap nilai edukasi akan tersampaikan secara lebih efektif. Dengan genre simulasi anak - anak akan berimajinasi seolah- olah benar - benar menata lalu lintas kota dengan berbagai kemungkinan kejadian. Hal ini akan melatih anak untuk berpikir cepat dalam menyelesaikan masalah sekaligus secara tidak langsung membuat mereka belajar memahami pentingnya mematuhi lampu lalu lintas untuk menghindari kemacetan.
Dari percobaan kepada 10 anak usia sekolah dasar, membuktikan game ini memberikan informasi baru mengenai peraturan perlalulintasan kepada target pengguna, menyampaikan simulasi peraturan perlalulintasan sesuai undang- undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, dan menyampaikan unsur fun permainan dengan tingkat kesulitan yang terbukti sesuai kemampuan pengguna.
================================================================================================
Technological advances have made many changes, especially in the development of games or game applications. The experience of playing starts to change from something static to dynamic. for example in simulation games that provide experiences similar to real-world conditions that are served in an exciting world of games. This genre is very popular because it has a high educational value and is proven to be able to convey learning values effectively but does not reduce the fun element in the game.
In this 'Traffic Panic', the author offers a city traffic simulation game based on the fact that traffic density is one of the main problems that occur in large cities in developing countries. Indonesia, especially the city of Jakarta, has a very high traffic density, ranks 17th with a congestion index reaching 237.25. traffic density occurs because the growth of road infrastructure and public transportation modes is not directly proportional to the growth of vehicles and due to the disorderly behavior of the community in complying with traffic regulations. Such behavior is because education about the importance of complying with traffic rules is not given to intra-school formal education
'Traffic Panic' is a puzzle-simulation game that focuses on handling city congestion. Using the advantages of the simulation genre the authors hope that the value of education will be delivered more effectively. With the genre of simulation, children will imagine as if they really organized city traffic with various possible events. This will train children to think quickly in solving problems while indirectly making them learn to understand the importance of obeying traffic lights to avoid congestion.
From testing with 10 target users, proving this game gives new information about channel balancing, and travel regulations according to law number 22 of 2009 concerning traffic and transportation to target users, and delivering fun games with difficulty levels that proved match with the user's ability .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.8 Alc p-1 2018
Uncontrolled Keywords: lalu lintas, puzzle, simulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Q Science > QA Mathematics > QA76.774.A53 Android
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Achmad Ibnu Malik Al Chasni
Date Deposited: 09 Jul 2021 05:12
Last Modified: 09 Jul 2021 05:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60798

Actions (login required)

View Item View Item