Rancang Bangun dan Studi Eksperimental Pengaruh Jumlah DOF Mekanisme Radial Vibration Damper (RVD) pada Poros Panjang Langsing

Billikita, Andri (2019) Rancang Bangun dan Studi Eksperimental Pengaruh Jumlah DOF Mekanisme Radial Vibration Damper (RVD) pada Poros Panjang Langsing. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111440000165_Undergraduate Theses.pdf]
Preview
Text
02111440000165_Undergraduate Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Getaran merupakan sesuatu yang umum dijumpai pada mesin industri, jika frekuensi getaran yang terjadi pada suatu peralatan sama dengan frekuensi natural dari sistem peralatan tersebut maka dapat mengakibatkan umur pakai dari peralatan tersebut berkurang. Terdapat beberapa cara untuk mengurangi getaran tersebut salah satunya adalah dengan menambahkan suatu komponen pada sistem yang ingin di reduksi getarannya, komponen tersebut dinamakan Dynamic Vibration Absorber (DVA). DVA memiliki dua komponen utama yaitu massa dengan nilai tertentu dan pegas dengan konstanta pegas tertentu. Terdapat berbagai macam bentuk DVA, yang dikelompokkan berdasarkan fungsi dan sifat peredam. Radial vibration damper (RVD) merupakan jenis DVA yang umum digunakan untuk mereduksi getaran dari sistem poros yang berotasi. RVD tersusun dari sebuah disk yang memiliki massa dan pegas, RVD nantinya akan dipasangkan pada poros yang berotasi, dengan geometri yang tepat RVD akan dapat mereduksi gerakan translasi pada sistem yang berotasi.
Dalam penelitian ini, dilakukan rancang bangun dan analisa reduksi getaran RVD yang akan di pasangkan pada poros yang di operasikan oleh mesin bubut pada frekuensi tertentu. Berdasarkan penelitian oleh Nira dan Intan massa DVA yang optimal dalam mereduksi getaran berlebih adalah 1/20 kali dari massa utama. Perancangan RVD ini dibatasi pada poros yang dioperasikan pada frekuensi 2500rpm. Adapun variasi yang diberikan pada penelitian ini adalah jumlah Degree of Freedom (DoF) Radial vibration damper yaitu 2 dan 4 DoF. RVD nantinya akan di pasang di tengah poros eksperimen.
Pada penelitian ini dihasilkan prototype RVD sesuai rancangan yang telah dibuat. Eksperimen dalam penelitian ini dilakukan untuk sistem utama tanpa RVD dan dengan penambahan RVD 2 pegas serta RVD 4 pegas pada sistem utama yang dihubungkan tepat di tengah-tengah panjang sistem utama. Dari eksperimen yang telah dilakukan, didapatkan hasil berupa respon percepatan arah translasi sumbu X dan arah translasi sumbu Y untuk setiap variasi frekuensi operasi 900 rpm, 1500 rpm, dan 2500 rpm dan variasi geometri RVD 2 pegas dan RVD 4 pegas. Reduksi getaran sistem utama yang optimal didapatkan dari eksperimen untuk sistem utama dengan penambahan RVD 4 pegas pada frekuensi operasi 2500 rpm. Reduksi yang dihasilkan untuk arah translasi sumbu X sebesar 74,96% dan 65,15% untuk sumbu Y.
================================================================================================
Vibration is something that is commonly foun in industrial machinery, if the frequency of vibrations that occur on any equipment equals the natural frequency of that equipment, it can result in reduced lifespan of the equipment itself. There are several ways to reduce vibration, one of which is to add a component to the system that the vibration need to be reduced, the component is called Dynamic Vibration Absorber (DVA). DVA has two main components, namely a mass with a certain value and a spring with a certain spring constant. There are various forms of DVA, which are grouped according to the function and nature of the damper. Radial Vibration Damper (RVD) is a type of DVA commonly used to reduce vibrations from rotating shaft systems. RVD is composed of a disk/cover that has a mass and a spring, RVD will be attached to a rotating shaft, with the right geometry RVD will be able to reduce the translation movement on the rotating system.
In this research, a design and analysis of RVD vibration reduction will be carried out which will be attached to a shaft operated by a lathe machine at a certain frequency. Based on research by Nira and Intan DVA mass that is optimal in reducing excessive vibration is 1/20 times of the main mass. The design of the RVD is limited to the shaft operated at a frequency of 2500 rpm. The variations given in this study are the number of Degree of Freedom (DoF) Radial Vibration Damper namely 2 and 4 DoF. RVD will be installed in the middle of the experimental shaft.
In this study, the RVD prototype was produced according to the design that had been made. Experiments in this study were carried out for the main system without RVD and with the addition of 2 springs RVD and with the 4 springs RVD on the main system that was connected right in the middle of the main system length. From the experiments that have been done, the result obtained in the form of a response acceleration of X axis and Y axis translation direction for each variation of operating frequency 900 rpm, 1500 rpm, and 2500 rpm and geometry variation 2 springs RVD and 4 springs RVD. The optimal main system vibration reduction is obtained from experiments for main system with the addition of 4 springs RVD at an operating frequency of 2500 rpm. The reduction result for the X axis translation direction is 74,96% and 65,15% for the Y axis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.3 Bil r-1 2019
Uncontrolled Keywords: Radial vibration damper (RVD), Mesin Bubut, Frekuensi, Degree of Freedom (DoF), Reduksi, Getaran, Translasi.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA355 Vibration.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andri Billikita
Date Deposited: 17 May 2022 02:31
Last Modified: 17 May 2022 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61762

Actions (login required)

View Item View Item