Analisa Perbandingan Antara Simulasi Dan Pengujian Terhadap Stiffness Three Point Bending Pada Komposit Sandwich Carbon Fiber Prepreg Dan Alumunium Honeycomb Core Menggunakan Metode Out-Of-Autoclave

Anam, Mochammad Choirul (2019) Analisa Perbandingan Antara Simulasi Dan Pengujian Terhadap Stiffness Three Point Bending Pada Komposit Sandwich Carbon Fiber Prepreg Dan Alumunium Honeycomb Core Menggunakan Metode Out-Of-Autoclave. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211500000068-Non Degree.pdf]
Preview
Text
10211500000068-Non Degree.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Komposit sandwich dapat diaplikasikan sebagai struktural maupun non-struktural bagian internal dan eksternal, salah satunya pada mobil. Nogogeni adalah salah satu jenis kendaraan yang dirancang untuk mengikuti lomba kendaraan hemat energi, ramah lingkungan, efisiensi tinggi yang akan menghadapi perlombaan nasional dan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh arah sudut serat terhadap karasteristik bending komposit sandwich dan menggunakan simulasi untuk membandngkannya.
Penelitian diawali dengan proses pembuatan komposit sandwich dengan susunan pada bagian kulit terdiri dari 2 lapisan fiber karbon prepreg, diantara 2 lapisan tersebut digunakan honeycombe sebagai core. Setelah komposit sandwich tersusun lalu dilanjut dengan proses out of autoclave dengan divakum dan dioven dengan temperatur tertentu selama 10 jam. Hasil cetakan dipotong menggunakan gerinda tangan dengan variasi sudut 0°, 30°, 45° dan mengacu pada ukuran untuk spesimen bending ASTM C393. Setelah pemotongan selesai dilakukan pengujian bending dengan mengguakan metode three point bending untuk mendapatkan hasil yang nantinya akan di bandingkan dengan simulasi ANSYS.
Dengan menggunakan variasi arah sudut serat didapat hasil bahwa nilai kekuatan stiffness mengalami ketidakstabilan, untuk kekuatan stiffness maksimalnya pada arah sudut serat 0° sebesar 1.394,56 N/mm untuk metode simulasi dan 549.203 N/mm untuk metode pengujian. Pada metode pengujian juga didapat data nilai tegangan bending maksimalnya pada arah sudut serat 0° sebesar 40.416 Mpa, Tegangan geser rata-rata pada komposit sandwich dengan hasil maksimal sudut serat 0° adalah 1.057 Mpa dan Bending stiffness rata-rata pada komposit sandwich dengan hasil maksimal sudut serat 0° adalah 58,044 × 10³ Nmm².
================================================================================================
Composite sandwiches can be applied as structural and non-structural internal and external parts, one of which is on the car. Nogogeni is one type of vehicle designed to participate in energy-efficient, environmentally friendly, high-efficiency vehicle competitions that will face national and international competitions. This study aims to investigate the effect of angular direction of fibers on carasteristic bending of composite sandwiches and using simulations to compare them.
The research begins with the process of making sandwich composites with a composition on the skin consisting of 2 layers of carbon prepreg fiber, between which 2 layers are used honeycombe as the core. After the sandwich composite is arranged and then proceed with the out of autoclave process by vacuuming and oven with a certain temperature for 10 hours. The molds are cut using hand grinding with angle variations of 0 °, 30 °, 45 ° and refer to the size for bending specimens of ASTM C393. After cutting the bending test is done by using the three point bending method to get the results which will be compared with the ANSYS simulation.
By using variations in the direction of fiber angles obtained results that the value of stiffness strength experienced instability, for the maximum stiffness strength in the direction of the 0 ° fiber angle of 1.394,56 N/mm for the simulation method and 549,203 N / mm for the testing method. In the test method also obtained the maximum bending stress value data at the direction of the fiber angle of 0 ° by 40.416 MPa, the average shear stress in the sandwich composite with the maximum fiber angle of 0 ° is 1.057 Mpa and the average Bending stiffness in the sandwich composite with maximum results 0 ° fiber angle is 58,044 × 10³ Nmm².

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMI 620.118 Ana a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Komposit Sandwich, Bagging Vacuum, Out-Of-Autoclave (OOA), Uji 3 Point Bending, ANSYS Composite Prepost, Stiffnes.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.38 Materials--Fatigue.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455 Carbon. Nanotubes.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL240.5 Composite materials
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Mochammad Choirul Anam
Date Deposited: 08 Apr 2022 05:47
Last Modified: 08 Apr 2022 05:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62326

Actions (login required)

View Item View Item