Rancang Bangun Modul Pengenalan Bahasa Isyarat Menggunakan Teknologi Leap Motion Dan Metode Backpropagation-Genetic Algorithm Neural Network

Tridisaputra, Risal Andika (2015) Rancang Bangun Modul Pengenalan Bahasa Isyarat Menggunakan Teknologi Leap Motion Dan Metode Backpropagation-Genetic Algorithm Neural Network. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (20MB)

Abstract

Bahasa isyarat adalah hal yang penting dalam komunikasi bagi orang yang menderita gangguan pendengaran. Kecepatan menguasai bahasa dan kemampuan mereka berinteraksi sangat dibutuhkan. Mereka membutuhkan bahan pembelajaran yang tidak hanya berisi tentang komponen aural saja, namun juga secara visual karena lebih nyata. Di sisi lain, teknologi berkembang pesat di segala aspek kehidupan. Berbagai macam terobosan teknologi baru telah diciptakan oleh manusia, salah satunya perangkat Leap Motion yang diciptakan pada sekitar tahun 2013. Dengan menggunakan Leap Motion, manusia dapat melakukan interaksi dengan komputer tanpa sentuhan sama sekali. Oleh karena itu, penulis memiliki ide yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu akan dibangun sebuah aplikasi pengenalan huruf bahasa isyarat Indonesia sesuai dengan SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia). Tujuannya diharapkan aplikasi ini dapat membantu pengguna belajar tentang bahasa isyarat. Aplikasi ini dapat menerjemahkan bahasa isyarat huruf dengan akurasi di atas 80% jika tangan yang digunakan sama ketika testing. Jika orang yang melakukan testing berbeda, akurasi aplikasi ini sekitar 65-75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.42 Tri r
Uncontrolled Keywords: Leap Motion, bahasa isyarat, SIBI.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.87 Neural networks (Computer Science)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:38
Last Modified: 22 Mar 2019 07:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62570

Actions (login required)

View Item View Item