Perhitungan dmage dan experience dinamis berdasarkan kemampuan pemain menggunakan fuzzy inference system

Hariadi, Fajar (2015) Perhitungan dmage dan experience dinamis berdasarkan kemampuan pemain menggunakan fuzzy inference system. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
undergraduated thesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem perhitungan damage dan experience memiliki peranan penting dalam game. Pada game RTS perhitungan damage digunakan sebagai acuan tingkat kerusakan yang mampu diberikan pasukan ketika menyerang, dalam game hal ini dicapai dengan mengurangi nilai health point unit yang diserang, berdasarkan pengurangan nilai health point sebesar damage ini system mekanik game mampu mengenali kapan sebuah bangunan hancur atau seorang pasukan mati ketika diserang. Nilai experience menunjukkan tingkat kemahiran seorang pemain dalam bermain game sehingga pemain yang sudah mahir tentunya memiliki nilai experience yang lebih besar dari pemain amatir. Perhitungan damage dan experience pada umumnya menggunakan logika tegas sehingga nilai yang dihasilkan dalam game tidak realistis dan tidak dinamis. Oleh karena itu sistem perhitungan damage dan experience menggunakan system inferensi fuzzy ini dibuat untuk menciptakan sistem perhitungan damage dan experience yang dinamis dan tampak realistis. Sistem perhitungan damage fuzzy terdiri dari dua bagian utama yaitu nilai damage statis dan dinamis (±50% × nilai statis). Nilai dinamis ini berubah-ubah sesuai nilai parameter health, range, selisih level dan skor penyerangan sebelumnya. Sistem perhitungan experience juga bersifat dinamis sesuai dengan seberapa efektif strategi yang digunakan. Strategi ini direpresentasikan dengan nilai parameter selisih level, waktu penyerangan, persentase bangunan hancur dan troop yang tersisa. Hasil pengujian yang dilakukan sistem perhitungan fuzzy inference system mampu menurunkan atau menaikkan nilai damage dan experience yang dihasilkan berdasarkan kondisi troop, kondisi pemain dan strategi yang digunakan. Selain menggunakan fuzzy inference system sistem perhitungan yang dinamis juga dapat dicapai menggunakan persamaan linear. Sistem fuzzy inference system dan persamaan linear memiliki karakteristik yang berbeda sehingga pada beberapa kasus sistem perhitungan fuzzy inference system memberikan hasil yang lebih baik. ====================================================================================================== Damage and experience are important in game. In RTS game, damage are used to decrease health point of some unit when attacked. Experience is used to see how good the player in game. Usually, damage and experience calculation are using crisp logic. It make game feel static and unrealistic. Therefore damage and experience calculation system created fuzzy inference system to make game more realistic and dynamic. Fuzzy Inference System damage calculation consist of two parts which are static damage and dynamic damage (±50% × static damage). This dynamic value of damage can increase or decrease base on several parameters (health, range, level differences, and the last score). Experience calculations also dynamic base on strategy used to win the game. The value of strategy represented by the level differences, attack duration, percentage of building destruction, and how many troops left when the attack is over. The result show that damage and experience calculation using fuzzy inference system are capable to make damage game more dynamic and realistic. Alongside of fuzzy inference calculation system, linear equation system also can make damage and experience calculation dynamic. But both have a different characteristic but in some cases fuzzy inference system are make better results.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 794.82 Har p
Uncontrolled Keywords: Fuzzy inference system
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 02 Apr 2019 02:42
Last Modified: 02 Apr 2019 02:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62674

Actions (login required)

View Item View Item