Rancang Bangun Aplikasi Media Informasi Nutrisi Pada Makanan Atau Produk Makanan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Wiyono, Eko Adhi (2015) Rancang Bangun Aplikasi Media Informasi Nutrisi Pada Makanan Atau Produk Makanan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5111100002-Paper-5111100002-paperpdf.pdf]
Preview
Text
5111100002-Paper-5111100002-paperpdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5111100002-Presentation-5111100002-presentationpdf.pdf]
Preview
Text
5111100002-Presentation-5111100002-presentationpdf.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 5111100002-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5111100002-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview

Abstract

Obesitas mengalami kenaikan dua kali lipat semenjak
tahun 1980 dan menjadi penyebab kematian nomor lima tertinggi
pada setiap tahun. WHO (World Health Organization) mencatat
bahwa sekitar 2.8 juta orang dewasa pada setiap tahunnya
mengalami kematian yang disebabkan oleh obesitas. Hal tersebut
dikarenakan manusia mengonsumsi makanan tanpa
memperhatikan kebutuhan kalori dan kandungan nutrisi. Dengan
mobilitas manusia yang semakin bertambah, sudah banyak
dikembangkan aplikasi perangkat bergerak berbasis android yang
mendukung untuk memantau kebutuhan kalori dan nutrisi
makanan atau produk makanan seperti aplikasi Noom Coach,
Calorie Counter, Lose It, dan lain sebagainya. Namun, aplikasi
pada perangkat bergerak tersebut belum interaktif karena
pengguna harus mencari terlebih dahulu nama makanan yang
dikonsumsi kemudian dicari kandungan nutrisinya. Aplikasi pada
Tugas Akhir ini menggunakan teknologi augmented reality teks
berbasis android untuk menampilkan informasi nutrisi secara
menarik dan informatif. Informasi yang ditampilkan berupa kalori,
lemak, karbohidrat dan protein per takaran saji. Takaran saji ditentukan oleh basis data Fatsecret. Melalui aplikasi ini,
pengguna bisa mendapatkan informasi nutrisi hanya dengan
mengambil gambar dari suatu objek makanan. Dengan
menggunakan metode klasifikasi gambar, aplikasi bisa
mengidentifikasi makanan atau produk makanan dari foto untuk
mendapatkan informasi nama objek. Informasi nama objek
tersebut dikirimkan ke webservice yang disediakan oleh FatSecret
untuk mendapatkan informasi kandungan nutrisi. Berdasarkan
hasil uji coba pada aplikasi Tugas Akhir ini, didapatkan rata-rata
kebenaran dalam mengidentifikasi nama dan nutrisi sebesar 92%.
Sedangkan rata-rata waktu yang diperlukan untuk identifikasi
nama dan nutrisi yaitu 9.295 detik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.43 Wiy r
Uncontrolled Keywords: android, augmented reality, asupan nutrisi, informasi nutrisi, obesitas
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.774.A53 Android
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 02 Apr 2019 03:25
Last Modified: 02 Apr 2019 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62681

Actions (login required)

View Item View Item