Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Menur Pumpungan Surabaya Dengan Atau Tanpa Pelebaran Menggunakan Box Culvert

Saputro, Firmansyah and Ramadhani, Fajrin (2015) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Menur Pumpungan Surabaya Dengan Atau Tanpa Pelebaran Menggunakan Box Culvert. Diploma thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3112030016-3112030032 Non Degree.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Jalan Menur Pumpungan untuk saat ini kondisinya sudah mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk, baik pagi siang maupun sore. Hal ini disebabkan karena banyaknya pembangunan gedung-gedung baru diantaranya perkantoran, apartemen, dan kampus di kawasan tersebut, yang tentunya akan memberikan beban lalu lintas tambahan di beberapa persimpangan dan ruas jalan di sekitar wilayah bangunan tersebut. Dari permasalahan di atas, diperlukan adanya analisa dan evaluasi baik kinerja pengaturan lalu lintas, kondisi eksisting dari simpang tak bersinyal menjadi simpang bersinyal. Pelebaran segmen jalan dengan box culvert pada sisi utara juga diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada secara optimal. Analisa kinerja segmen jalan dan simpang pada studi ini berdasarkan MKJI 1997 dan bantuan software KAJI. Analisa perhitungan diawali dengan pengumpulan data primer meliputi survey lapangan dan geometrik, serta data sekunder berupa data jumlah penduduk, data tata guna lahan dan data pertumbuhan kendaraan yang diperoleh dari Dispenduk Capil, Badan Perencanaan dan Pembangunan (BAPPEKO), dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya. vi Berdasarkan hasil analisa ke tiga simpang tak bersinyal pada kondisi geometrik eksisting untuk tahun 2015 – 2020, nilai DS > 0,75 dengan peluang antrian (QP) berkisar |26 - 145|% > 100%, sehingga diperlukan adanya perbaikan, bahkan salah satu simpang harus diperbaiki menjadi simpang bersinyal. Untuk segmen jalan, berdasarkan analisa pada kondisi geometrik eksisting untuk tahun 2015-2020 nilai DS > 0,75, kecuali segmen di depan Kantor Perpusda Jatim dengan tingkat pelayanan (LOS) berkisar |C - F|. Dalam memperbaiki kinerja segmen dan simpang pada kondisi eksisting, maka dilakukan pelebaran dengan menutup saluran, dari lebar jalan satu arah yang semula 3 meter menjadi 6 meter, kecuali pada segmen 1 depan Masjid Baiturrochim pelebaran hanya dapat dilakukan selebar 5 meter dari lebar awal 3 meter. Pelebaran jalan dilakukan dengan menutup saluran yang terdapat pada sisi utara jalan menggunakan box culvert. Dengan adanya alternatif perbaikan ini, maka ketiga simpang dan segmen jalan Menur Pumpungan kinerjanya telah dapat ditingkatkan untuk jangka waktu 5 tahun (2016-2020) ke depan. ======================================================================================================== The way Menur Pumpungan for now conditions are already experiencing traffic congestion during peak hours, good morning afternoon or evening. This is caused due to the construction of new buildings including offices, apartments and campus in the area, which certainly will provide additional traffic load at some intersections and roads around the area of the building. rom the above problems, it is necessary the presence of the analysis and evaluation of the good performance of the traffic arrangement, the existing condition of the junction signal is not being the junction signals. Widening of the road segment with box culvert on the north side is also expected to tackle the existing problems optimally. Performance analysis of road segments and intersections in this study based on MKJI 1997 and help software KAJI. Analysis of the calculation starts with the collection of primary data include field surveys and data, as well as geometric form of secondary data population, data on land use and data on the growth of vehicles obtained from Service of population and civil records, planning and Development Agency (BAPPEKO), Department of transportation and the city of viii Surabaya. Based on the results of the analysis to three intersections cannot signal on geometric conditions existing for the year 2015 – 2020, the value of the DS > 0,75 with opportunities queue (QP) revolves around |26-145|% > 100%, so the existence of the required. For a segment of the road, based on analysis of existing geometric conditions for 2015-2020 value DS > 0,75, except for segments in front of the Office of East Java Perpusda with level of service (LOS) ranges |C-F|. In improving the performance of segments and the intersection of existing conditions, then it is done by closing the widening channel, from the width of the one-way street that previously was 3 metres to 6 metres, except for segments 1 front of Mosque Baiturrochim dilation can only be made as wide as 5 meters from the initial width of 3 metres. Road widening is performed by closing the channel it is on the north side of the road using a box culvert. The existence of alternatives to these improvements, then the third intersection and road segments Menur Pumpungan its performance has be increased for a period of 5 years (2016-2020) forward.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 388.413 12 Sap e
Uncontrolled Keywords: Menur Pumpungan, Box Culvert, Perpusda Jatim
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 26 Apr 2019 04:17
Last Modified: 26 Apr 2019 04:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62860

Actions (login required)

View Item View Item