Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Menur Pumpungan Surabaya Dengan Atau Tanpa Pelebaran Menggunakan Box Culvert

Saputro, Firmansyah and Ramadhani, Fajrin (2015) Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Dan Simpang Pada Jalan Menur Pumpungan Surabaya Dengan Atau Tanpa Pelebaran Menggunakan Box Culvert. Diploma thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112030016-3112030032 Non Degree.pdf]
Preview
Text
3112030016-3112030032 Non Degree.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Jalan Menur Pumpungan untuk saat ini kondisinya sudah
mengalami kemacetan pada jam-jam sibuk, baik pagi siang
maupun sore. Hal ini disebabkan karena banyaknya pembangunan
gedung-gedung baru diantaranya perkantoran, apartemen, dan
kampus di kawasan tersebut, yang tentunya akan memberikan
beban lalu lintas tambahan di beberapa persimpangan dan ruas
jalan di sekitar wilayah bangunan tersebut. Dari permasalahan di
atas, diperlukan adanya analisa dan evaluasi baik kinerja
pengaturan lalu lintas, kondisi eksisting dari simpang tak
bersinyal menjadi simpang bersinyal. Pelebaran segmen jalan
dengan box culvert pada sisi utara juga diharapkan dapat
mengatasi permasalahan yang ada secara optimal. Analisa kinerja
segmen jalan dan simpang pada studi ini berdasarkan MKJI 1997
dan bantuan software KAJI. Analisa perhitungan diawali dengan
pengumpulan data primer meliputi survey lapangan dan
geometrik, serta data sekunder berupa data jumlah penduduk, data
tata guna lahan dan data pertumbuhan kendaraan yang diperoleh
dari Dispenduk Capil, Badan Perencanaan dan Pembangunan
(BAPPEKO), dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya.
vi
Berdasarkan hasil analisa ke tiga simpang tak bersinyal pada
kondisi geometrik eksisting untuk tahun 2015 – 2020, nilai DS >
0,75 dengan peluang antrian (QP) berkisar |26 - 145|% > 100%,
sehingga diperlukan adanya perbaikan, bahkan salah satu simpang
harus diperbaiki menjadi simpang bersinyal. Untuk segmen jalan,
berdasarkan analisa pada kondisi geometrik eksisting untuk tahun
2015-2020 nilai DS > 0,75, kecuali segmen di depan Kantor
Perpusda Jatim dengan tingkat pelayanan (LOS) berkisar |C - F|.
Dalam memperbaiki kinerja segmen dan simpang pada kondisi
eksisting, maka dilakukan pelebaran dengan menutup saluran,
dari lebar jalan satu arah yang semula 3 meter menjadi 6 meter,
kecuali pada segmen 1 depan Masjid Baiturrochim pelebaran
hanya dapat dilakukan selebar 5 meter dari lebar awal 3 meter.
Pelebaran jalan dilakukan dengan menutup saluran yang terdapat
pada sisi utara jalan menggunakan box culvert. Dengan adanya
alternatif perbaikan ini, maka ketiga simpang dan segmen jalan
Menur Pumpungan kinerjanya telah dapat ditingkatkan untuk
jangka waktu 5 tahun (2016-2020) ke depan.
========================================================================================================
The way Menur Pumpungan for now conditions are
already experiencing traffic congestion during peak hours, good
morning afternoon or evening. This is caused due to the
construction of new buildings including offices, apartments and
campus in the area, which certainly will provide additional traffic
load at some intersections and roads around the area of the
building. rom the above problems, it is necessary the presence of
the analysis and evaluation of the good performance of the traffic
arrangement, the existing condition of the junction signal is not
being the junction signals. Widening of the road segment with
box culvert on the north side is also expected to tackle the
existing problems optimally. Performance analysis of road
segments and intersections in this study based on MKJI 1997 and
help software KAJI. Analysis of the calculation starts with the
collection of primary data include field surveys and data, as well
as geometric form of secondary data population, data on land use
and data on the growth of vehicles obtained from Service of
population and civil records, planning and Development Agency
(BAPPEKO), Department of transportation and the city of
viii
Surabaya. Based on the results of the analysis to three
intersections cannot signal on geometric conditions existing for
the year 2015 – 2020, the value of the DS > 0,75 with
opportunities queue (QP) revolves around |26-145|% > 100%, so
the existence of the required. For a segment of the road, based on
analysis of existing geometric conditions for 2015-2020 value DS
> 0,75, except for segments in front of the Office of East Java
Perpusda with level of service (LOS) ranges |C-F|. In improving
the performance of segments and the intersection of existing
conditions, then it is done by closing the widening channel, from
the width of the one-way street that previously was 3 metres to 6
metres, except for segments 1 front of Mosque Baiturrochim
dilation can only be made as wide as 5 meters from the initial
width of 3 metres. Road widening is performed by closing the
channel it is on the north side of the road using a box culvert. The
existence of alternatives to these improvements, then the third
intersection and road segments Menur Pumpungan its
performance has be increased for a period of 5 years (2016-2020)
forward.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 388.413 12 Sap e
Uncontrolled Keywords: Menur Pumpungan, Box Culvert, Perpusda Jatim
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 26 Apr 2019 04:17
Last Modified: 26 Apr 2019 04:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62860

Actions (login required)

View Item View Item