Pembangkit Labirin Dinamis Pada Game Berhitung Berbasis Android Dengan Sensor Accelerometer

Abdyantary, Sarianti Pundi (2015) Pembangkit Labirin Dinamis Pada Game Berhitung Berbasis Android Dengan Sensor Accelerometer. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
5111100114-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini, perkembangan teknologi sangat meningkat, khususnya pada teknologi smartphone. Begitu banyak aplikasi pada smartphone yang dapat dengan mudah diakses dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah pendukung dalam bidang edukasi, selain itu pengguna aplikasi smartphone telah menjangkau segala usia termasuk remaja dan anak-anak sehingga memunculkan aplikasi permainan yang hanya bertujuan untuk menarik pengguna serta mengesampingkan unsur pembelajaran yang bermanfaat. Game yang dibangun merupakan penggabungan metode pembangkit labirin dinamis hasil pengembangan Algoritma Prims yang bertujuan untuk mengatur bentuk labirin yang berbeda disetiap level yang dipilih, sensor accelerometer untuk bantuan control permainan yang terdapat pada smartphone android serta berfokus pada pembelajaran berhitung. Dimensi labirin merupakan salah satu faktor tantangan dalam game ini, sehingga semakin tinggi level yang dipilih semakin besar pula dimensi labirin yang dibangun namun tetap diperhitungkan dengan faktor tantangan yang lain seperti soal, jawaban dan musuh. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, game mampu memberikan perancangan aturan main, membangkitkan labirin dinamis dengan susunan yang beragam serta dimensi labirin mampu menyesuaikan dengan perhitungan bobot faktor tantangan pada setiap level yang tersedia sehingga, game yang dibangun pada tugas akhir ini mampu menjadi permainan yang menarik, tidak hanya berfokus memberikan hiburan bagi pemain namun juga memberikan unsur pembelajaran terutama pembelajaran berhitung. ========================================================================================================== Today, technological developments highly increased, especially in smartphone technology. So many applications on a smartphone that can be easily accessed and used in daily life. One of which is support in the educating, other than the smartphone application users have been reach all ages included teens and children that led to game applications which is intended to attract users and rule out elements of educating. This game is the combination of dynamic labyrinth generator method results from Prim's algorithm development which aims to set up a maze of different designs in each level is selected, accelerometer sensor for support game control and games that focus on learning math. Dimensional maze is one of the challenge factors in this game, so the higher level is selected the bigger dimensional maze was built but still calculated by other challenge factors such as questions, answers and enemies. Based on testing performed, the game is able to provide designing rules of the game, generate dynamic labyrinth with a variety of designs and the dimensions of labyrinth is able to adjust the weight of calculate challenge factors at every level is available so that, games was built in this final project is able to be an interesting game, not focused only provide entertainment for the players but also give an element of learning, especially learning math.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 621.384 56 Abd p
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Algoritma Prims, Pembangkit Labirin Dinamis, Sensor Accelerometer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Q Science > QA Mathematics > QA76.774.A53 Android
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 13 May 2019 02:59
Last Modified: 13 May 2019 02:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63009

Actions (login required)

View Item View Item