Klasifikasi dan Penghitungan Kendaraan Bergerak pada Malam Hari dengan Teknik Pairing Lampu Depan

Prastiyo, Eko Andi (2019) Klasifikasi dan Penghitungan Kendaraan Bergerak pada Malam Hari dengan Teknik Pairing Lampu Depan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06111440000080-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
06111440000080-Undergraduate_Theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengumpulan data terkait kendaraan yang melintasi jalan raya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara adalah dengan mendeteksi kendaraan melalui media video. Teknik deteksi kendaraan pada siang hari tidak bisa digunakan untuk deteksi kendaraan pada malam hari karena pada malam hari penerangan buruk menyebabkan banyak noise, gambar kamera juga memiliki kontras yang sangat rendah dan sensitivitas cahaya yang lemah. Pada Tugas Akhir ini dilakukan klasifikasi dan penghitungan kendaraan bergerak pada malam hari dengan menggunakan teknik pairing lampu depan kendaraan. Proses pairing diawali dengan pencarian kontur dan pengoneksian piksel kemudian membentuk boundingrect sehingga dapat ditentukan titik pusat dari lampu depan. Lampu depan dipairing jika titik pusat dua lampu depan memenuhi jarak horizontal dan vertikal tertentu serta memiliki perbedaan luas tertentu. Lampu yang dipairing diklasifikasi sebagai roda 4 dan yang tidak dipairing diklasifikasi sebagai roda 2. Dari uji coba pada empat video didapatkan hasil klasifikasi dan penghitungan dengan rata-rata akurasi sebesar 91,5%.
================================================================================================
Data collection related to vehicles crossing the highway can be done in various ways. One way is to detect vehicles through video media. Vehicle detection techniques during the day cannot be used for vehicle detection at night because bad night lighting causes a lot of noise, camera images also have very low contrast and weak light sensitivity. In this Final Project, moving vehicles classification and calculation are carried out at night using vehicle headlamps pairing techniques. The pairing process begins with the search for contours and connecting pixels then forming boundingrect so that the center point of the headlamps can be determined. The headlamps are paired if the center of the two headlights meet certain horizontal and vertical distances and have a certain area difference. The paired headlamps are classified as 4 wheels and which are not classified as 2 wheels. From the test results of four videos obtained calculations with an average accuracy of 91.5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 519.24 Pra p-1 2019
Uncontrolled Keywords: klasifikasi kendaraan, deteksi lampu depan, pairing, boundingrect
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA246.8 Gaussian
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eko Andi Prastiyo
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:39
Last Modified: 12 Jul 2022 07:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63143

Actions (login required)

View Item View Item