Zulfana, Nadiya Firma (2016) Model Penggantian Nozzle Dispenser BBM Di Wilayah SPBU Sidoarjo Dengan Mempertimbangkan Perilaku Konsumen. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
9114201311-Master Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tren penjualan Bahan Minyak (BBM) mengalami kenaikan setiap tahun.
Penjualan BBM jenis Premium masih tinggi dibandingkan dengan produk BBM
jenis lainnya. Adanya produk baru BBM membuat pangsa pasar mengalami
perubahan. Hal ini dimungkinkan terjadinya peralihan penggunaan merek BBM
satu ke yang lainnya. Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) perlu melakukan
pengaturan jumlah dan jenis fasilitas terkait dengan produk baru yang dijualkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proyeksi kebutuhan BBM
berdasarkan keputusan pembelian beserta rencana perubahan infrastruktur di
SPBU. Rantai markov digunakan untuk menggambarkan adanya pergerakan
preferensi konsumsi dari jenis BBM satu ke jenis lainnya dan potensi untuk
memprediksi tren masa depan. Proyeksi tersebut akan menentukan kebijakan
terhadap penentuan jumlah dan jenis fasilitas di SPBU khususnya dispenser nozzle
yang digunakan untuk melayani konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman akan ekuitas merek seperti
kesadaran dan loyalitas merek cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dari tingkat
signifikansi antara kesadaran merek dan loyalitas yang berpengaruh secara
signifikan.
Pangsa Pasar mendekati ekuikibrium untuk Model Markov 1 secara berturutturut
Premium, Pertalite dan Pertamax adalah 7,4%; 5,6% dan 87%. Model 2 secara
berturut-turut Premium, Pertalite dan Pertamax adalah 8,6%; 24,9% dan 66,6%.
Model 3 secara berturut-turut Premium, Pertalite dan Pertamax adalah 74,2%; 19,1% dan 6,7%. Sehingga penggantian nozzle dengan skenario 1 sesuai dengan
kondisi pangsa pasar pada model markov 3 dan risiko bisnis yang relatif kecil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTMT 658.834 2 Zul m |
Uncontrolled Keywords: | BBM, Rantai Markov, Keputusan pembelian, Perencanaan fasilitas, Loyalitas merek, Perilaku konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior. |
Divisions: | 61101-Magister Management Technology |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 24 Jun 2019 06:56 |
Last Modified: | 24 Jun 2019 06:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63197 |
Actions (login required)
View Item |