Model Penggantian Nozzle Dispenser BBM Di Wilayah SPBU Sidoarjo Dengan Mempertimbangkan Perilaku Konsumen

Zulfana, Nadiya Firma (2016) Model Penggantian Nozzle Dispenser BBM Di Wilayah SPBU Sidoarjo Dengan Mempertimbangkan Perilaku Konsumen. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9114201311-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tren penjualan Bahan Minyak (BBM) mengalami kenaikan setiap tahun. Penjualan BBM jenis Premium masih tinggi dibandingkan dengan produk BBM jenis lainnya. Adanya produk baru BBM membuat pangsa pasar mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan terjadinya peralihan penggunaan merek BBM satu ke yang lainnya. Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) perlu melakukan pengaturan jumlah dan jenis fasilitas terkait dengan produk baru yang dijualkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proyeksi kebutuhan BBM berdasarkan keputusan pembelian beserta rencana perubahan infrastruktur di SPBU. Rantai markov digunakan untuk menggambarkan adanya pergerakan preferensi konsumsi dari jenis BBM satu ke jenis lainnya dan potensi untuk memprediksi tren masa depan. Proyeksi tersebut akan menentukan kebijakan terhadap penentuan jumlah dan jenis fasilitas di SPBU khususnya dispenser nozzle yang digunakan untuk melayani konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman akan ekuitas merek seperti kesadaran dan loyalitas merek cukup tinggi. Hal ini ditunjukkan dari tingkat signifikansi antara kesadaran merek dan loyalitas yang berpengaruh secara signifikan. Pangsa Pasar mendekati ekuikibrium untuk Model Markov 1 secara berturutturut Premium, Pertalite dan Pertamax adalah 7,4%; 5,6% dan 87%. Model 2 secara berturut-turut Premium, Pertalite dan Pertamax adalah 8,6%; 24,9% dan 66,6%. Model 3 secara berturut-turut Premium, Pertalite dan Pertamax adalah 74,2%; 19,1% dan 6,7%. Sehingga penggantian nozzle dengan skenario 1 sesuai dengan kondisi pangsa pasar pada model markov 3 dan risiko bisnis yang relatif kecil.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.834 2 Zul m
Uncontrolled Keywords: BBM, Rantai Markov, Keputusan pembelian, Perencanaan fasilitas, Loyalitas merek, Perilaku konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 24 Jun 2019 06:56
Last Modified: 24 Jun 2019 06:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63197

Actions (login required)

View Item View Item