Studi eksperimen variasi pegas pada continously variable transmission (CVT) terhadap kinerja traksi dan percepatan dari kendaraan vario 125 PGM-FI

Wiratmoko, Danan (2015) Studi eksperimen variasi pegas pada continously variable transmission (CVT) terhadap kinerja traksi dan percepatan dari kendaraan vario 125 PGM-FI. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2110100010-Undergraduate.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini inovasi otomotif khususnya sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan kestabilan dan kenyamanan dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) telah memproduksi kendaraan yang memakai sistem transmisi otomatik yang disebut dengan CVT (Continuously Variable Transmission) sistem. Sistem transmisi ini tidak menggunakan roda gigi namun memanfaatkan sistem pulley and belt. Dipasaran terdapat banyak variasi pegas CVT yang dijual namum memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda. Diindikasikan bahwa pemilihan pegas CVT yang sesuai, dapat memperbaiki performa dari kendaraan. Dari hasil uji eksperimen, dapat dilihat apakah ada pengaruh dari sistem transmisi terhadap performa kendaraan. Parameter pembanding dari kendaraan yang memiliki pegas CVT yang sesuai yaitu mengacu pada dua hal yaitu gaya dorong dan percepatan kendaraan. Untuk mendapatkan gaya dorong dari masing-masing pegas, perlu dilakukan dynotest langsung pada roda belakang yang nantinya akan didapatkan output berupa torsi sebagai fungsi putaran engine. dari data ini akan dirubah menjadi gaya traksi sebagai fungsi kecepatan kendaraan. Percepatan masing-masing pegas didapatkan dari output dynotest berupa torsi transmisi dan torsi engine. Dari torsi engine dan torsi transmisi nanti, akan dirubah menjadi rasio transmisi dan gaya dorong. Kecepatan didapatkan dari konversi putaran engine menjadi kecepatan kendaraan yang nantinya akan dibuat dengan interval kecepatan 10 km/jam. Selanjutnya akan didapatkan output berupa percepatan sebagai fungsi kecepatan. Hasil yang didapatkan berupa kinerja traksi tertinggi yang dihasilkan oleh variasi pegas 9,5 N/mm pada kendaraan Vario 125 PGM-FI sebesar 903,29 N. Sedangkan pada kecepatan tinggi, besar nilai gaya traksi tertinggi mampu dihasilkan oleh pegas 8,8 N/mm sebesar 194,74. Pegas dengan percepatan tertinggi yang dihasilkan pada kecepatan 10 km/jam hingga 40 km/jam yaitu pegas 9 N/mm. Sedangkan untuk kecepatan tinggi dari 50 km/jam hingga 80 km/jam, besar percepatan tertinggi dimiliki oleh pegas 8,8 N/mm. Maka berdasarkan nilai gaya dorong pegas 9,5 N/mm lebih baik digunakan dalam kota, sedangkan pegas 8,8 N/mm lebih baik digunakan diluar kota. Sedangkan berdasarkan nilai percepatan yang dihasilkan. Pada kecepatan awal hingga 40 km/jam, pegas 9 N/mm lebih baik digunakan dalam kota. Sedangkan pada kecepatan 50-80 km/jam, pegas 8,8 N/mm lebih baik digunakan diluar kota. ================================================================================================================== At this time automotive innovation, especially motorcycles continue to be developed to obtain stability and comfort in control. Engineer especially on two-wheel (motorcycle) has been producing vehicles that use a system called automatic transmission with CVT (Continuously Variable Transmission) system. This transmission system does not use gears but utilizing pulley and belt system. There are many variations in the market which are sold. However the spring of CVT has a different hardness. Indicated that the selection of appropriate CVT spring, what can improve the performance of the vehicle. From the experimental test results, it can be seen whether there is the influence of the transmission system on vehicle performance. Parameter comparison of vehicles that have the appropriate spring CVT that relies on two things: traction performance and acceleration of the vehicle. To get the traction performance of each spring, the dynotest needs to be done directly on the rear wheels which will be obtained in the torque output as a function of rotation of the engine. This data will be converted into traction force as a function of vehicle speed. Acceleration each spring, the dynotest needs to be done for obtained transmissio torque and engine torque. from torque engine and transmission torque, will be converted into the transmission ratio and thrust. Velocity obtained from the conversion of the engine speed to the speed of the vehicle that will be made at intervals of speed 10 km/h. Furthermore, we will get the output of the acceleration as a function of speed. The results obtained that high traction performance variations produced by the spring of 9.5 N/mm in Vario 125 PGMFI is 903.29 N. While at high speed, great value for the highest traction force can be produced by a spring 8.8 N / mm at 194.74. Spring with the highest acceleration produced from 10 km/h to 40 km / h which is spring 9 N / mm. And for the high speed from 50 km / h to 80 km / h, the highest of the acceleration owned by the spring of 8.8 N / mm. So, based on the value of the thrust spring 9.5 N / mm is better used in the city, while the spring is 8.8 N / mm is better used outside the city. based on value of the acceleration produced. At the initial speed of 40 km / h, spring 9 N / mm is better used in the city. While at a speed of 50-80 km / h, spring 8.8 N / mm is better used outside the city. However,by the value of the acceleration produced. At the initial speed of 40 km/h, spring 9 N /mm is better used in the city. While at a speed of 50-80 km / h, spring 8.8 N / mm is better used outside the city.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.224 Wir s
Uncontrolled Keywords: Transmisi Otomatis; Ratio Pulley; Roller; Pegas Continuously Variable Transmission
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 25 Jun 2019 06:24
Last Modified: 25 Jun 2019 06:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63247

Actions (login required)

View Item View Item