Studi eksperimen variasi pegas pada continously variable transmission (CVT) terhadap kinerja traksi dan percepatan dari kendaraan vario 125 PGM-FI

Wiratmoko, Danan (2015) Studi eksperimen variasi pegas pada continously variable transmission (CVT) terhadap kinerja traksi dan percepatan dari kendaraan vario 125 PGM-FI. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2110100010-Undergraduate.pdf]
Preview
Text
2110100010-Undergraduate.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini inovasi otomotif khususnya sepeda motor terus
dikembangkan untuk mendapatkan kestabilan dan kenyamanan
dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya roda dua
(sepeda motor) telah memproduksi kendaraan yang memakai
sistem transmisi otomatik yang disebut dengan CVT
(Continuously Variable Transmission) sistem. Sistem transmisi ini
tidak menggunakan roda gigi namun memanfaatkan sistem pulley
and belt. Dipasaran terdapat banyak variasi pegas CVT yang
dijual namum memiliki tingkat kekerasan yang berbeda-beda.
Diindikasikan bahwa pemilihan pegas CVT yang sesuai, dapat
memperbaiki performa dari kendaraan. Dari hasil uji
eksperimen, dapat dilihat apakah ada pengaruh dari sistem
transmisi terhadap performa kendaraan.
Parameter pembanding dari kendaraan yang memiliki
pegas CVT yang sesuai yaitu mengacu pada dua hal yaitu gaya
dorong dan percepatan kendaraan. Untuk mendapatkan gaya
dorong dari masing-masing pegas, perlu dilakukan dynotest
langsung pada roda belakang yang nantinya akan didapatkan
output berupa torsi sebagai fungsi putaran engine. dari data ini
akan dirubah menjadi gaya traksi sebagai fungsi kecepatan
kendaraan. Percepatan masing-masing pegas didapatkan dari
output dynotest berupa torsi transmisi dan torsi engine. Dari torsi
engine dan torsi transmisi nanti, akan dirubah menjadi rasio
transmisi dan gaya dorong. Kecepatan didapatkan dari konversi putaran engine menjadi kecepatan kendaraan yang nantinya akan
dibuat dengan interval kecepatan 10 km/jam. Selanjutnya akan
didapatkan output berupa percepatan sebagai fungsi kecepatan.
Hasil yang didapatkan berupa kinerja traksi tertinggi
yang dihasilkan oleh variasi pegas 9,5 N/mm pada kendaraan
Vario 125 PGM-FI sebesar 903,29 N. Sedangkan pada kecepatan
tinggi, besar nilai gaya traksi tertinggi mampu dihasilkan oleh
pegas 8,8 N/mm sebesar 194,74. Pegas dengan percepatan
tertinggi yang dihasilkan pada kecepatan 10 km/jam hingga 40
km/jam yaitu pegas 9 N/mm. Sedangkan untuk kecepatan tinggi
dari 50 km/jam hingga 80 km/jam, besar percepatan tertinggi
dimiliki oleh pegas 8,8 N/mm. Maka berdasarkan nilai gaya
dorong pegas 9,5 N/mm lebih baik digunakan dalam kota,
sedangkan pegas 8,8 N/mm lebih baik digunakan diluar kota.
Sedangkan berdasarkan nilai percepatan yang dihasilkan. Pada
kecepatan awal hingga 40 km/jam, pegas 9 N/mm lebih baik
digunakan dalam kota. Sedangkan pada kecepatan 50-80 km/jam,
pegas 8,8 N/mm lebih baik digunakan diluar kota.

==================================================================================================================

At this time automotive innovation, especially motorcycles
continue to be developed to obtain stability and comfort in control.
Engineer especially on two-wheel (motorcycle) has been
producing vehicles that use a system called automatic transmission
with CVT (Continuously Variable Transmission) system. This
transmission system does not use gears but utilizing pulley and belt
system. There are many variations in the market which are sold.
However the spring of CVT has a different hardness. Indicated that
the selection of appropriate CVT spring, what can improve the
performance of the vehicle. From the experimental test results, it
can be seen whether there is the influence of the transmission
system on vehicle performance.
Parameter comparison of vehicles that have the appropriate
spring CVT that relies on two things: traction performance and
acceleration of the vehicle. To get the traction performance of each
spring, the dynotest needs to be done directly on the rear wheels
which will be obtained in the torque output as a function of rotation
of the engine. This data will be converted into traction force as a
function of vehicle speed. Acceleration each spring, the dynotest
needs to be done for obtained transmissio torque and engine
torque. from torque engine and transmission torque, will be
converted into the transmission ratio and thrust. Velocity obtained
from the conversion of the engine speed to the speed of the vehicle that will be made at intervals of speed 10 km/h. Furthermore, we
will get the output of the acceleration as a function of speed.
The results obtained that high traction performance
variations produced by the spring of 9.5 N/mm in Vario 125 PGMFI
is 903.29 N. While at high speed, great value for the highest
traction force can be produced by a spring 8.8 N / mm at 194.74.
Spring with the highest acceleration produced from 10 km/h to 40
km / h which is spring 9 N / mm. And for the high speed from 50
km / h to 80 km / h, the highest of the acceleration owned by the
spring of 8.8 N / mm. So, based on the value of the thrust spring 9.5
N / mm is better used in the city, while the spring is 8.8 N / mm is
better used outside the city. based on value of the acceleration
produced. At the initial speed of 40 km / h, spring 9 N / mm is better
used in the city. While at a speed of 50-80 km / h, spring 8.8 N /
mm is better used outside the city. However,by the value of the
acceleration produced. At the initial speed of 40 km/h, spring 9 N
/mm is better used in the city. While at a speed of 50-80 km / h,
spring 8.8 N / mm is better used outside the city.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.224 Wir s
Uncontrolled Keywords: Transmisi Otomatis; Ratio Pulley; Roller; Pegas Continuously Variable Transmission
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK201 Electric Power Transmission
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 25 Jun 2019 06:24
Last Modified: 25 Jun 2019 06:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63247

Actions (login required)

View Item View Item