Koordinasi pasukan NPC menggunakan agen cerdas berbasis fuzzy coordinator dan distribusi Gaussian

Akbar, Muhammad Aminul (2015) Koordinasi pasukan NPC menggunakan agen cerdas berbasis fuzzy coordinator dan distribusi Gaussian. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2213205020-Dissertation.pdf]
Preview
Text
2213205020-Dissertation.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Game peperangan bertipe Real-Time Strategy (RTS) menampilkan
kelompok–kelompok agen atau pasukan NPC yang berperang dan menghancurkan
pertahanan musuh. Pasukan NPC merupakan karakter yang tidak dapat
dikendalikan oleh pemain, sehingga pasukan NPC diberi kecerdasan untuk dapat
menanggapi setiap perubahan pada lingkunganya. Pasukan NPC juga mempunyai
beberapa jenis perilaku serangan yang digunakan untuk menghadapi lawan. Untuk
membuat penyerangan yang kuat dibutuhkan adanya koordinasi antar pasukan
NPC dan serangan yang tidak mudah terprediksi oleh lawan. Koordinasi di dalam
kelompok pasukan NPC diperlukan agar serangan yang dilakukan dapat mencapai
tujuan utama serangan kelompok tersebut. Teknik koordinasi di dalam kelompok
pasukan NPC dihadapkan pada permasalahan bahwa setiap pasukan NPC adalah
agen otonom yang memiliki kecerdasan sendiri dalam mengambil keputusan
berdasarkan rangsangan dari lingkungan sekitarnya dan pemain tidak dapat
mempengaruhi atau mengendalikan NPC secara terus menerus. Dalam penelitian
ini diusulkan teknik koordinasi menggunakan agen cerdas berbasis fuzzy
coordinator dan distribusi gaussian. Agen cerdas bertindak sebagai leader yang
menggantikan peran pemain dalam mengkoordinasi perilaku pasukan NPC. Agen
cerdas akan menentukan strategi tim dengan memantau sisa waktu serangan,
kondisi dari masing-masing NPC, dan kondisi musuh. Fuzzy coordinator
digunakan untuk mengkoordinasi perilaku pasukan NPC dengan strategi dari
leader. Distribusi Gaussian digunakan untuk memberikan variasi perilaku
serangan disekitar perilaku hasil koordinasi. Percobaan yang dilakukan
membuktikan bahwa Metode koordinasi yang diusulkan dalam penelitian ini
dapat memberikan hasil yang lebih baik dalam pencapaian objektif tim dalam
penyerangan dibandingkan tanpa adanya koordinasi pasukan. Terutama pada saat
jumlah pasukan lebih sedikit dari jumlah musuh. Pasukan dengan koordinasi
berhasil memperoleh rata-rata gold sebesar 66.12 %, menjaga rata-rata jumlah
pasukan sebanyak 65.42 % dan menjaga rata-rata health Hero sebanyak 58.65%.
Sementara pasukan tanpa koordinasi hanya memperoleh rata-rata gold sebesar
59.02%, menjaga rata-rata jumlah pasukan sebanyak 44.57% dan menjaga ratarata
health Hero sebanyak 34.86%.

==========================================================================================================

The RTS War games show the battle of NPC troops. The NPC troop is a
character that can’t be controlled by human player. It is necessary to embed an
artificial intelligence into NPC for doing his task. NPCs troop usually have many
kind of attacking behavior to fight the enemy. Creating a strong attack there must
be coordination between NPC troops and unpredictable attacking behavior.
Coordination allows autonomous agents (i.e. NPC troops) interact coherently to
pursue team’s goal. The problem is multi behavior NPCs has intelligence for
selecting behavior itself, which sometimes does not appropriate to accomplish a
team objective. The player can’t control the NPC behavior directly. In this
research we propose NPC troop coordination using smart agent based fuzzy
coordinator and Gaussian distribution. Smart agent being a leader which acts as a
human player coordinates troop’s behavior. The smart agent analyzes condition of
troops, enemies and remaining time to decide a team strategy. Fuzzy coordinator
is used to coordinate NPC troop’s behavior with leader’s strategy. Gaussian
distribution is used to provide a variety of behavior attacks around the
coordination result.The experiment demonstrates that the proposed coordination
method provide a better results in the achievement of the objective team than
without a coordination. Especially, in condition when the number of troops less
than the number of enemies. NPC troops with the coordination successfully
obtained an average of gold 66.12 %, keeping the average number of troops 65.42
% and maintain health Hero 58.65%. While the troops without coordination only
get an average of gold 59.02%, keeping the average number of troops 44.57 %
and maintain average health of Hero 34.86 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 005.373 Akb k
Uncontrolled Keywords: Koordinasi NPC; Fuzzy Coordinator; Agen cerdas; Distribusi Gaussian
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:13
Last Modified: 27 Jun 2019 03:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63308

Actions (login required)

View Item View Item