Analisis Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balance Score Card dan Pengembangan layanan, Mengacu Business Plan Pada Organisasi(Studi Kasus pada RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek)

Putro, Oktora Sandy Suparyono (2019) Analisis Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balance Score Card dan Pengembangan layanan, Mengacu Business Plan Pada Organisasi(Studi Kasus pada RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of oktora sandy.pdf]
Preview
Text
oktora sandy.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit merupakan organisasi sektor pelayanan publik, berorientasi pada layanan kesehatan kepada masyarakat secara luas, dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan harapan masyarakat sehingga pasien merasa puas terhadap pelayanannya. RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek yang berbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), mempunyai kewajiban untuk melakukan pengukuran kinerja dengan menggunakan konsep pengukuran kinerja organisasi yang jelas dan efektif, tidak hanya mengukur kinerja finansial tetapi juga non finansial. Dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard akan diperoleh indikator kinerja yang lebih menyeluruh untuk mengukur seluruh aktifitas organisasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin menganalisis kinerja rumah sakit dengan memperbaiki sistem pengukuran kinerja yang ada selama ini. Penelitian ini menggunakan motode studi kasus dengan mengambil data, yang berkaitan dengan pengukuran kinerja yang komprehensif. Populasi penelitian ini adalah karyawan dan pasien di RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek, dengan pengambilan sampelnya menggunakan Teori Slovin. Maka didapat sampel untuk karyawan sejumlah 264 orang, dan pasien sebanyak 30 orang. Pada perspektif keuangan digunakan data keuangan, yaitu realisasi anggaran tahun anggaran 2016, 2017 dan 2018, sedangkan untuk perspektif non keuangan diukur dengan menyebarkan kuesioner yang berhubungan dengan perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal (motivasi kerja, kemampuan, pengalaman kerja, dan kepemimpinan), dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kinerja RSUD dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek pada posisi cukup baik, dilihat dari empat perspektif Balanced Scorecard, meskipun masih ada indikator kinerja yang menunjukkan hasil yang tidak baik. Oleh karenanya perlu upaya dan kebijakan yang dilakukan dalam penyusunan business plan sebagai pedoman pembuatan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) maupun Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA), sehingga cakupan pelayanan yang berorientasi kebutuhan mendasar bisa tercukupi guna pengembangan layanan pada organisasi. ======================================================================================================================================
Hospital is a public service sector organization, oriented to health services to the community at large, required to provide quality services in accordance with community expectations so that patients are satisfied with their services. RSUD dr. Soedomo Trenggalek Dictrict in the form of a Regional Public Service Agency (BLUD), has an obligation to measure performance by using a clear and effective concept of measuring organizational performance, not only measuring financial performance but also non-financial. By using the Balanced Scorecard approach, more comprehensive performance indicators will be obtained to measure all organizational activities. The purpose of this study is to analyze the performance of hospitals by improving the performance measurement system that has existed so far. This study uses a case study method by taking data, which is related to comprehensive performance measurement. The population of this study were employees and patients in the hospital Dr. Soedomo Trenggalek Dictrict, with sampling using Slovin Theory. Then a sample of 264 people was obtained, and 30 patients. In the financial perspective, financial data is used, namely the realization of the 2016, 2017 and 2018 budget years, while the non-financial perspective is measured by distributing questionnaires related to the customer's perspective, internal business process perspective (work motivation, ability, work experience, and leadership), and growth and learning perspectives. The results of this study indicate that in general the performance of RSUD dr. Soedomo Trenggalek Dictrict is in a pretty good position, seen from the four perspectives of the Balanced Scorecard, although there are still performance indicators that show bad results. Therefore efforts and policies are needed in the preparation of business plans as guidelines for making Work and Budget Plans as well as Business and Budget Plans, so that coverage of basic needs oriented services can be fulfilled for service development in organizations.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.312 5 Put a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Balance Scorecard, Hospital Performance, Business Plan Potential
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Oktora Sandy Suparyono Putro
Date Deposited: 22 Dec 2022 08:19
Last Modified: 22 Dec 2022 08:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63331

Actions (login required)

View Item View Item