Studi Penyisihan Logam Seng (Zn2+) Pada Limbah Elektroplating Menggunakan Membran Kitosan Dan Zeolit

Vania, Venilia (2016) Studi Penyisihan Logam Seng (Zn2+) Pada Limbah Elektroplating Menggunakan Membran Kitosan Dan Zeolit. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3312100033-Undergradute Thesis.pdf]
Preview
Text
3312100033-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu industri yang menghasilkan limbah air mengandung logam berat adalah industri elektroplating. Keberadaan logam berat terutama seng (Zn2+) yang masuk ke perairan sangat berbahaya walaupun hanya dalam jumlah kecil karena sifatnya yang bisa terakumulasi dalam tubuh. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah teknologi membran yang memililki beberapa kelebihan dari segi teknis maupun ekonomis. Membran yang digunakan dalam penelitian ini adalah membran yang terbuat dari kitosan dan zeolit. Dalam penelitian ini dianalisis komposisi terbaik dari campuran kitosan dan zeolit sebagai bahan membran untuk menyisihkan kadar logam Zn2+ serta menganalisis nilai rejeksi dan nilai fluks yang dihasilkan oleh sistem membran.
Variabel dalam penelitian ini adalah variasi komposisi massa kitosan dan zeolit serta variasi tekanan dalam reaktor. Pada variasi berat kitosan dan zeolit yang digunakan yaitu 5gr:2,5gr, 5gr:5gr, dan 5gr:10gr. Sedangkan untuk variasi tekanan yaitu 2 dan 3 bar. Reaktor yang digunakan menggunakan aliran crossflow. Pengujian pada reaktor dilakukan selama 80 menit dan permeate diambil setiap 8 menit. Analisis parameter kadar Zn2+ dilakukan menggunakan metode Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS). Pengujian morfologi membran menggunakan Scanning Electron Microscopy (SEM) EDX.
Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik awal limbah elektroplating untuk parameter Zn2+ sebesar 5 mg/L. Nilai rejeksi kadar logam seng terbaik terdapat pada komposisi membran 5:10 pada tekanan 2 bar sebesar 95%. Nilai fluks terbaik didapat pada komposisi membran 5:5 pada tekanan 3 bar sebesar 98,53 L/m2.jam. Massa membran kitosan dan zeolit terbaik dalam pembuatan membran filtrasi adalah komposisi membran 5 gram kitosan dan 10 gram zeolit berdasarkan kemampuan merejeksi Zn2+.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSL 628.35 Van s
Uncontrolled Keywords: Crossflow, Kitosan, Limbah elekroplating, Seng (Zn), Zeolit
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD646 Sewage--Purification
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 01 Jul 2019 02:12
Last Modified: 01 Jul 2019 02:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63367

Actions (login required)

View Item View Item