Desain Dan Implementasi Multi MPPT Berbasis Algoritma Modified Perturb And Observe Untuk Aplikasi Pesawat Tanpa Awak Bertenaga Surya

Afif, Furqon Muhammad (2019) Desain Dan Implementasi Multi MPPT Berbasis Algoritma Modified Perturb And Observe Untuk Aplikasi Pesawat Tanpa Awak Bertenaga Surya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111540000008-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111540000008-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini, penggunaan Photovoltaic (PV) menjadi pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan yang paling banyak digunakan karena biaya perawatan yang murah dan tidak menghasilkan emisi. PV memiliki kurva karakteristik daya dan tegangan (P-V) berubah mengikuti iradiasi matahari dan suhu. Pada kurva P-V terdapat titik dimana PV bekerja pada keluaran yang maksimal, titik ini dinamakan Maximum Power Point (MPP). Sehingga dibutuhkan sebuah metode bernama Maximum Power Point Tracking (MPPT) untuk mengoptimalkan daya yang diserap oleh PV. PV juga bisa diaplikasikan kendaraan tanpa awak seperti Unmaned Aerial Vehicle (UAV). Namun, penggunaan PV pada Solar UAV memiliki beberapa masalah seperti partial shading yang disebabkan oleh perubahan cuaca maupun mobilitas UAV tersebut. Jika menggunakan MPPT dengan algoritma konvensional seperti perturb and observe, dan incremental conductance maka PV tidak dapat bekerja dengan optimal. Terdapat dua cara pemasangan MPPT yaitu struktur MPPT terpusat (single), dan struktur MPPT terdistribusi (multiple). Dua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing terutama jika digunakan pada Solar UAV dikarenakan dimensi ruang dan berat payload dari Solar UAV terbatas. Pada tugas akhir ini akan dirancang penggunaan struktur single dan multiple MPPT berbasis algoritma Perturb and Observe termodifikasi untuk mengatasi kondisi partial shading pada aplikasi Solar UAV lalu dilakukan perbandingan perfoma antar kedua struktur tersebut. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa penggunaan single MPPT lebih unggul dalam hal kecepatan tracking dan Multiple MPPT lebih unggul dalam efisiensi energi terutama saat partial shading.
===============================================================================================================================
In nowadays, the use of Photovoltaic (PV) is a power plant with the most widely used renewable energy source because of low maintenance cost and no emissions. PV has the power versus voltage characteristic curve change following solar irradiance and temperature. On the P-V there is a point where PV works a maximum output, this point is called Maximum Power Point (MPP). So need a method called Maximum Power Point Tracking (MPPT) to optimize the power absorbed by PV. PV can be applied to unmanned aerial vehicle (UAV) like solar UAV. However, the use of PV in Solar UAV has several problems such as partial shading caused by changes in weather and mobility of the UAV. If using MPPT with conventional algorithms such as perturb and observe, and incremental conductance, PV cannot work optimally. There are two ways to install MPPT, namely a centralized (single) MPPT structure and a distributed (multiple) MPPT structure. These two methods have advantages and disadvantages of each, especially if used on Solar UAV because the dimensions of the space and the weight of the payload of Solar UAV are limited. In this project, we will design the use of single and multiple MPPT structures based on modified Perturb and Observe algorithms to overcome partial shading conditions in the Solar UAV application and then compare performance between the two structures. Result shows that the use of single MPPT is superior in terms of tracking speed and Multiple MPPT is superior in energy efficiency, especially when partial shading.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSE 629.135 2 Afi d-1 2019
Uncontrolled Keywords: Photovoltaic, MPPT, Struktur MPPT, Perturb and Observe
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1087 Photovoltaic power generation
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Furqon Muhammad Afif
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:11
Last Modified: 10 Mar 2023 06:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63642

Actions (login required)

View Item View Item