Disain Diagram Ladder untuk Banyak Objek pada Factory Automatic Trainer Menggunakan Metode State Diagram

Andhiko, Palito F (2019) Disain Diagram Ladder untuk Banyak Objek pada Factory Automatic Trainer Menggunakan Metode State Diagram. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111745000046-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
07111745000046-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Programmable logic controller (PLC) merupakan salah satu perangkat yang umum digunakan sebagai perangakat kontrol di indutsri manufaktur. PLC banyak digunakan karena bahasa yang digunakan cukup mudah untuk dipahami dan perangkatnya cukup tangguh untuk digunakan karena mempunyai umur pakai yang relatif panjang. Bahasa yang digunakan untuk pemrograman PLC pada umumnya adalah ladder diagram yang juga digunakan bersamaan dengan function block diagram. Namun dalam pembuatan ladder diagram pada umumnya masih menggunakan cara konvensional yang menyebakan tidak adanya singkroniasi dalam pembuatan ladder. Akibat tidak ada singkronisasi adalah memperlambat dalam melanjutkan ladder diagram dan dalam melakukan analisa kesalahan. Tugas akhir ini membahas sebuah sistem yang bernama factory automatic trainer yang dapat memberikan gambaran dasar dari proses pembuatan ladder diagram yang ada di industri manufaktur. Pembuatan ladder diagram dirancang agar dapat memproses banyak benda kerja dalam satu waktu menggunakan metode state diagram. Hasil dari perancangan ladder diagram didapatkan waktu rata-rata 82,18 detik untuk sembilan benda kerja, yaitu masing-masing tiga buah benda metal, biru dan hitam. Hasil rata-rata yang didapat lebih cepat dibanding hanya memproses benda satu per satu hingga proses selesai, yaitu dengan rata-rata 26,06 detik.
===============================================================================================================================
Programmabel logic controller (PLC) is one of most used control device in manufacturing industry. The reason why using PLC is because the programming language relatifely easy to understand and has plus point in device durability. Ladder diagram and function block diagram are two of most used programming language of PLC. Nowadays, most of PLC programmer used their own logic to programming the PLC, which can cause unsynchronized in programming a ladder diagram. Without a synchronization when programming a PLC, it can slowing the programming and troubleshooting process. This final assignment will be used a system called factory automatic trainer which is able to explain and simulate basic ways to design a ladder diagram in manufacturing industry process. State diagram methode will be used to design a ladder diagram for multiple objects system. The result can reach average time about 82,18 seconds for each three metal, blue and black object sequentially. The processing time is faster than one object process at once, which is counted about 26,06 seconds in average.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSE 629.895 And d-1 2019
Uncontrolled Keywords: Industri, Perangkat kontrol, Programmable logic controller, Ladder diagram, State diagram.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223.P76 Programmable controllers
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7871.674 Detectors. Sensors
T Technology > TS Manufactures > TS195 Packaging
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andhiko Palito F
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:28
Last Modified: 13 Mar 2023 07:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63703

Actions (login required)

View Item View Item