Rancang Bangun Quadcopter Penghitung Jumlah Kendaraan

Bachrulrachman, Ladiva (2019) Rancang Bangun Quadcopter Penghitung Jumlah Kendaraan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111540000064-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111540000064-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang digunakan pada jalan raya dan berpotensi menyebabkan kemacetan. Untuk mengatasi permasalahan kemacetan diperlukan manajemen lalu lintas dan salah satu data yang digunakan adalah perhitungan jumlah kendaraan pada tempo waktu tertentu. Untuk saat ini, informasi tersebut didapatkan dengan menggunakan tangkapan gambar menggunakan CCTV yang terpasang pada jalan tertentu. Namun, CCTV masih bersifat fixed yaitu tidak dapat berpindah-pindah. Selain itu, pemasangan diperlukan perencanaan yang matang serta biaya yang lebih untuk dapat diwujudkan. Oleh karena itu, penulis ingin membuat alat quadcopter penghitung jumlah kendaraan. Quadcopter memiliki beberapa kelebihan yaitu fleksibel, tangkapan gambar yang lebih luas, dan biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan penggunaan CCTV. Quadcopter akan membawa alat penghitung jumlah kendaraan ke udara. Saat di udara, quadcopter akan mempertahankan posisi dan ketinggiannya. Alat penghitung kendaraan akan menghitung dengan memanfaatkan computer vision. Alat ini dilengkapi dengan kamera yang menghadap ke bawah untuk mengambil gambar jalan raya dan memberikan output berupa jumlah kendaraan.
Tahapan metode yang digunakan pada tugas akhir ini adalah image stabilization, background subtraction, object tracking, dan vehicle counting. Hasil dari tugas akhir ini memiliki rata-rata akurasi perhitungan sebesar 61% yang dilakukan secara langsung dengan menggunakan kamera dalam 4 pengujian di 2 lokasi. Pada proses perhitungan didapatkan error yang disebabkan kendaraan yang tidak terdeteksi, noise-noise disekitar tangkapan gambar, dan kondisi lingkungan.
===========================================================
Number of vehicles are increasing every year. Escalation of vehicle’s number can cause traffic congestion in road. Traffic management are needed to prevent traffic congestion. One of data that used for traffic management is count of vehicle in certain periods of time. As for now, that information can be acquired by using an image from CCTV which is placed in specific place. But CCTV can’t be place on another place because CCTV need to placed still. Moreover, CCTV’s installment needs a thorough planning and high expense. Because of that reason, writer make an innovation which is called quadcopter for vehicle counting. Benefit of using a quadcopter than CCTV are more flexible, wider coverage, and less budget are used. Quadcopter will airborne and carry device’s used for vehicle counting. When quadcopter is in airborne, quadcopter will hold its position and altitude. Quadcopter will carry a vehicle counting device and works using computer vision. This device is equipped with camera that face downwards to capture image of road and gives output number of vehicles that are crossed.
Methods that are being used in this final project are image stabilization, background subtraction, object tracking, and vehicle counting. As a result, 61% count’s accuracy can be obtained from livestream using camera in four different testing in two different location. Miscalculations can be occurred because vehicles not detected, noises that happens in surrounding image, and environmental conditions.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSE 681.2 Bac r-1 2019
Uncontrolled Keywords: Quadcopter, Penghitung Jumlah Kendaraan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
U Military Science > UG1242 Drone aircraft--Control systems. (unmanned vehicle)
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ladiva Bachrulrachman
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:38
Last Modified: 24 Mar 2023 01:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63819

Actions (login required)

View Item View Item