Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Dengan Metode Hirarc Dan Rab K3 Pada Pembangunan Struktur Atas Gedung Pppg Unesa

Putra, Alwan Gangsar Brilian (2019) Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Dengan Metode Hirarc Dan Rab K3 Pada Pembangunan Struktur Atas Gedung Pppg Unesa. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111815000063-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
10111815000063-Non_Degree.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka menunjang kualitas bangunan dan juga kualitas pekerja maka dalam penerapan sistem Manajeman Kesehatan dan Keselamatan Kerja Konstruksi (SMK3) berbentuk Rencana Kesehatan dan Keselamatan Kerja Kontrak (RK3K) yang nantinya akan di gunakan sebagai acuan K3 dalam pelaksanaan pekerjaan struktur atas pada proyek Pembangunan Gedung Prasarana Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya. Dalam Tugas Akhir ini penulis merencanakan RK3K pada pekerjaan struktur atas pada proyek Pembangunan Gedung Prasarana Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Surabaya. Pada identifikasi bahaya, penilaian resiko dan pengendalian resiko yang merupakan penjabaran dari perencanaan K3 penulis menggunakan metode Hazard Identification Risk Asessment and Risk Control (HIRARC) yang mengacu pada Permen PU No. 05 Tahun 2014. Diharapkan Tugas Akhir ini dapat membantu perusahaan jasa konstruksi di Indonesia untuk lebih meningkatkan kesadaran kesehatan dan keselamatan kerja pada pekerjaan struktur atas dengan metode identifikasi bahaya dan penyebab bahaya yang lebih teliti yang mengacu pada perencanaan bangunan yang baik.
===============================================================================================================================
In order to support the quality of the building and also the quality of the workers then in the implementation of the system of Management and Occupational Health Construction (SMK3) in the form of Health and Safety Plan Contract (RK3K) which will be used as a reference K3 in the implementation of project work. In this Final Project the authors plan RK3K on Surabaya State University top bulding structure of PPPG development. In the hazard identification, risk assessment and risk control which is the elaboration of K3 planning of author using HIRARC (Hazard Identification and Risk Assessment) method referring to PU Ministerial Regulation no. 05 Year 2014. It is expected that this Final Project can assist construction service companies in Indonesia to further raise the awareness of occupational health and safety on top bulding structure work with hazard identification methods and a more precise cause of hazards that refers to good building planning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSIS 690.73 Put s-1 2019
Uncontrolled Keywords: SMK3 Planning, RK3K Planning, Top Bulding Structure
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Putra Alwan Gangsar Brilian
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:17
Last Modified: 17 Apr 2023 02:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64017

Actions (login required)

View Item View Item