Estimasi Waktu Dan Biaya Pembangunan Struktur Bawah Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Sta. 27+875 S/D Sta. 29+087

Darojat, Muchamad Hakiim (2019) Estimasi Waktu Dan Biaya Pembangunan Struktur Bawah Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar Sta. 27+875 S/D Sta. 29+087. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111510000004-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
10111510000004-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Agar proses pembangunan infrastruktur dapat terlaksana dengan baik. Maka perlu dilakukan sebuah manajemen proyek. Manajemen proyek sendiri berarti melaksanakan kegiatan proyek secara terstruktur mulai dari perencanaan, pelaksanaan , dan pengawasan. Faktor yang sangat berpengaruh pada pelaksanaan proyek adalah waktu, dan biaya. Dimana, jika dalam proses pelaksanaan proyek dua hal tersebut dapat berjalan stabil sesuai dengan perencanaan. Maka, proyek tersebut dapat dikatakan berhasil. Proyek jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar merupakan proyek investasi milik PT. Waskita Bumi Wira. Proyek tersebut terbentang diantara 2 kabupaten yaitu Sidoarjo, dan Gresik. Mempunyai Panjang total 38.290 KM. Menggunakan struktur elevated yang terbagi menjadi 2 seksi yaitu seksi A, dan seksi B. Pada seksi B, terdapat seksi yang berlokasi di atas waduk Bunder dengan STA. 27+875 s/d STA. 29+087. Memiliki 29 pier yang disambungkan girder. Setiap span berisi 16 buah girder yang diperkuat dengan diafragma, dan duduk di atas elastomer. Diletakan sebuah deckslab lengkap dengan barrier, dan parapet, serta komponen lalu-lintas di atasnya. Dalam proses pengendalian mutu pada proyek ini menggunakan acuan rencana kerja dan syarat yang dikeluarkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat(PUPR) Direktorat Jenderal Bina Marga tentang Spesifikasi Teknis Jalan Bebas Hambatan Dan Jalan Tol edisi 2015 revisi 1. Selain itu juga, untuk mempermudah penentuan biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek digunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan(AHSP) yang dikeluarkan oleh Kementrian PUPR bidang Pekerjaan Umum No. 28/PRT/M/2016, serta berbagai literatur yang berkaitan tentang perhitungan biaya, dan waktu sebagai referensi. Hasil akhir dari tugas akhir ini berupa rekapitulasi biaya pelaksanaan proyek, metode pelaksanaan, durasi pelaksanaan proyek, serta Kurva-S.
=================================================================================================================================
In order to get the proper process in the infrastructure construction project. A project management is necessary needed. A project management itself means that implementing structured project activity which is consist of planning, executing, and supervising. The most important factor on implementing structured project are time and cost, if those factors steadily executed. Then, the project can be said succeed. The Krian-Legundi-Bunder-Manyar Toll Road project is PT. Waskita Bumi Wira investment project. Outstreched between two regency, Sidoarjo and Gresik. It has 38.290Km in length. This project using elevated structure that divided by two section, section A and B. On B Section, there’s a section that located on “Bunder” rain water reservoir with STA. 27+875 to STA. 29+087. It has 29 piers that connected with a girder. Every span contains 16 girder that reinforced with a diaphragm, and sat on an elastomer. Placed on a deck slab complete with barrier, and parapet along with traffic component on it. In the process of quality control on its implementation, this project using working plan standarization that produced by Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Bina Marga Tentang Spesifikasi Teknis Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Tol Edisi 2015, revisi 1. Besides that, the project use the Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) document which contain the standard price of each working item that produced by PUPR Ministry General Working Division No. 28/PRT/M2016 to develop easier cost estimation and other literatures that related to cost and time calculation. The final result of this final project is project cost recapitulation, implementation method, the duration of project implementation, and S-Curves.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSIS 625.7 Dar e-1 2019
Uncontrolled Keywords: biaya, waktu, jalan tol, kurva-s, cost, time, toll road, elevated, s-curves
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TG Bridge engineering
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
T Technology > TH Building construction > TH438 Construction industry--Management. Project management.
T Technology > TH Building construction > TH900+ Construction equipment in building construction
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: MUCHAMAD HAKIIM DAROJAT
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:19
Last Modified: 09 Jan 2024 02:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64234

Actions (login required)

View Item View Item