Irawanto, Zulis (1994) Optimisasi Bentuk Kapal untuk Memperkecil Tahanan Gelombang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
|
Text
4884100258-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Persoalan optimisasi bentuk lam.bung untuk meminimumkan taluman gelombang dapat diselesaikan dengan metode pemrograman matematika. Sebagai pend.ekntan terhadap tahanan gelombang digunakan Integral Michel~ suatu fonnula tahanan gelom.bang yang banyak dipakai terutama di dalam persoalan optimisasi. Dengan menggunakan "tent" function untuk mendeknti fimgsi lambung kapal, Integral Michell bisa ditransfonnasikan ke dalam bentuk kuadratik standar. Dengan menggunakan constraints pertidaksamaan tinier maka teknik pemrograman kuadratik bisa digu.nak.an untu.k mend.apatk.an variasi bentu.k k.apal optimum untu.k tahanan gelombang minimum. Untuk analisa hasil perhitungan~ dipilih kapal series 60 block 60 sebagai kapa/ pembanding. Secara umum, hasil perhitungan menunjukkan bahwa bentuk lambung optimum adalah lambung dengan hulhous bow dan lambung yang bergelombang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bow, lambung kapal |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 08:06 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 08:06 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/64278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |