Optimisasi Bentuk Kapal untuk Memperkecil Tahanan Gelombang

Irawanto, Zulis (1994) Optimisasi Bentuk Kapal untuk Memperkecil Tahanan Gelombang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4884100258-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4884100258-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Persoalan optimisasi bentuk lam.bung untuk meminimumkan taluman gelombang
dapat diselesaikan dengan metode pemrograman matematika. Sebagai pend.ekntan
terhadap tahanan gelombang digunakan Integral Michel~ suatu fonnula tahanan
gelom.bang yang banyak dipakai terutama di dalam persoalan optimisasi. Dengan
menggunakan "tent" function untuk mendeknti fimgsi lambung kapal, Integral
Michell bisa ditransfonnasikan ke dalam bentuk kuadratik standar. Dengan
menggunakan constraints pertidaksamaan tinier maka teknik pemrograman
kuadratik bisa digu.nak.an untu.k mend.apatk.an variasi bentu.k k.apal optimum untu.k
tahanan gelombang minimum. Untuk analisa hasil perhitungan~ dipilih kapal series
60 block 60 sebagai kapa/ pembanding. Secara umum, hasil perhitungan
menunjukkan bahwa bentuk lambung optimum adalah lambung dengan hulhous
bow dan lambung yang bergelombang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bow, lambung kapal
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 24 Jul 2019 08:06
Last Modified: 24 Jul 2019 08:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64278

Actions (login required)

View Item View Item