Pengembangan Aplikasi Mifos X Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemudahan Layanan Pada Koperasi Simpan Pinjam (Studi Kasus: Koperasi Dana Usaha Jakarta)

Irsyam, Akhmad Al Qindi (2019) Pengembangan Aplikasi Mifos X Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemudahan Layanan Pada Koperasi Simpan Pinjam (Studi Kasus: Koperasi Dana Usaha Jakarta). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000042-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211540000042-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini peran teknologi tidak hanya sebagai faktor pendukung, namun berkembang pesat menjadi aspek penentu bagi kemajuan dunia perbankan yang kompetitif. Teknologi informasi yang menjadi penunjang maju dan berkembangnya pelayanan jasa perbankan salah satunya yaitu teknologi Electronic Banking atau E-Banking. Akan tetapi, Pemanfaatan teknologi informasi dalam menjalankan bisnis atau sering dikenal dengan istilah e-commerce bagi perusahaan besar merupakan hal biasa. Bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pemanfaatan teknologi informasi merupakan hal yang luar biasa dan penting selain dalam rangka peningkatan daya saing di pasar global juga dapat meningkatkan fleksibilatas dan kemudahan dalam segala hal transaksi yang akan dilakukan. Mifos memberi kebebasan bagi pengguna Mifos X untuk memodifikasi dan mengimplementasikan aplikasi sesuai kebutuhan lembaga keuangan mikro. Dimana Mifos juga memiliki aplikasi seluluer berbasis android yaitu Mifos X Self Service yang ditujukan agar mengurangi risiko terkait keakuratan waktu menyimpan dan mencatat saldo yang tidak terintegrasi dengan baik oleh pengelola akun. Pada penelitian ini, Penggalian kebutuhan diambil dari penelitian Analisis Kebutuhan Fungsional Perangkat Lunak Keuangan Mikro untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Bisnis pada Koperasi Simpan Pinjam yang dilakukan oleh saudari Najwa Fitriyah. Pemetaan fungsional dilakukan dengan cara mencari versi terbaru dari aplikasi mobile Mifos X, lalu melihat apakah sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan metode evolutionary prototyping dengan menggunakan aplikasi mobile Mifos X awal sebagai prototipe pertamanya. Melalui prototipe ini, akan dilakukan modifikasi dan dapat dilakukan usability testing untuk melihat apakah fungsional aplikasi telah sesuai dengan kebutuhan calon pengguna dan aplikasi mudah digunakan. Apabila aplikasi sudah sesuai kebutuhan, maka akan dilakukan pengujian aplikasi dengan menggunakan black box testing.
Luaran dari penelitian ini adalah aplikasi mobile Mifos X yang sudah dibangun sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan lembaga keuangan mikro Koperasi Simpan Dana Usaha Jakarta dan mungkin di Indonesia pula. Hasil dari penelitian ini terbukti dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan layanan transaksi kepada nasabah di Koperasi Dana Usaha Jakarta. Selain itu, hasil pengembangan aplikasi dapat juga diimplementasikan di berbagai Koperasi Simpan Pinjam di Indonesia.
=================================================================================================================================
At This time, the role of technology is not only a supporting factor, but is rapidly growing to be a decisive aspect for the progress of the competitive banking world. Information technology is a supporter of the advancement and development of banking services, one of which is Electronic Banking or E-Banking technology. However, the use of information technology in conducting business or often known as e-commerce for large companies is common. For micro, small and medium enterprises (MSMEs) actors, the use of information technology is an extraordinary and important matter besides in order to increase competitiveness in the global market, it can also increase flexibility and ease in all transactions to be carried out. Mifos gives freedom for Mifos X users to modify and implement applications according to the needs of microfinance institutions. Where Mifos also has an Android-based seluluer application, Mifos X Self Service, which is intended to reduce the risks associated with the accuracy of time saving and recording balances that are not well integrated by the account manager. In this study, the excavation of needs was taken from the study of Microfinance Functional Requirements Analysis to Improve Business Process Efficiency in the Savings and Loan Cooperative conducted by sister Najwa Fitriyah. Functional mapping is done by searching for the latest version of the Mifos X mobile application, then see if it is in accordance with user needs. Application development was carried out by the evolutionary prototyping method using the initial Mifos X mobile application as the first prototype. Through this prototype, modifications will be made and usability testing can be done to see whether the functional application is in accordance with the needs of prospective users and the application is easy to use. If the application is as needed, it will be tested by using black box testing. The output of this research is the Mifos X mobile application that has been built in such a way as to adjust the needs of the Cooperative Save Dana Usaha microfinance institutions in Jakarta and possibly in Indonesia as well. The results of this study proved to be able to improve the efficiency and ease of transaction services to customers at the Jakarta Business Fund Cooperative. In addition, the results of application development can also be implemented in various Savings and Credit Cooperatives in Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 005.758 5 Irs p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Mifos, Mifos X, Aplikasi, Android, Koperasi Simpan Pinjam, Microfinance
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Akhmad Al Qindi Irsyam
Date Deposited: 07 May 2024 08:13
Last Modified: 07 May 2024 08:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64407

Actions (login required)

View Item View Item