Desain Gedung dengan Sistem Self-Centering

Nuryani, Ayuning Diah (2019) Desain Gedung dengan Sistem Self-Centering. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000080-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000080-Undergraduate_Theses.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Bencana gempa bumi yang melanda kota Christchurch, Selandia Baru pada tahun 2011 menimbulkan banyak kerusakan permanen pada gedung-gedung bertingkat yang terbuat dari beton. Tetapi, terdapat beberapa struktur yang tidak mengalami kerusakan permanen dan bahkan gedung tetap dapat digunakan pasca gempa dikarenakan strukturnya yang menggunakan sistem self-centering. Self-centering adalah kemampuan suatu struktur untuk kembali ke posisi semula setelah mengalami simpangan akibat beban lateral. Kemampuan self-centering ini didapat dengan memberikan gaya pada tendon unbonded post-tensioned yang terdapat didalam elemen struktur, baik dinding geser maupun balok. Keuntungan dari sistem ini adalah dapat mengurangi kerusakan pada struktur setelah terkena gempa.
Dalam Tugas Akhir ini akan dilakukan desain modifikasi pada gedung Office Ciputra World Surabaya 3 menggunakan sistem self-centering yang memanfaatkan beton pracetak pada dinding geser dan balok. Dinding geser dan balok akan diberi tendon pasca-tegang yang tidak di-grout. Dari hasil analisis permodelan dinding geser menggunakan SAP2000, tegangan tendon masih bersifat elastis setelah diberi beban gempa dengan R=3, sehingga memungkinkan dinding geser kembali ke posisi semula. Selain itu, dikarenakan balok didesain dengan self-centering, maka hubungan balok-kolom tidak bersifat monolit dan diberi gaya prategang pada tendonnya sehinga balok dapat kembali ke posisi semula setelah mengalami simpangan.
===============================================================================================================================
Christchurch earthquake at 2011 has caused permanent damage to concrete buildings, but some buildings survived with little to no damage at all because their structure were designed with self-centering system. In self-centering buildings, the shear wall and/or the beams are post-tensioned and unbonded. The purpose of post-tensioning shear walls and beams is to make them capable of returning to their original position after being hit by lateral loads. Self-centering system can reduce the shear wall’s drift, which in turn reduce the rehabilitation fee.
In this Final Project, writer will redesign Ciputra World Surabaya 3’s Office Building using self-centering system. Unbonded post-tensioned tendon will be applied to shear wall and beams to hold lateral loads and reduce displacements. Analysis using SAP2000 shows that stresses in shear wall’s tendons are still elastic even after being hit by lateral force using R=3.5, which means the shear-walls are able to self-center. In beam-column connections, there’s a gap between beam and column to make beam freely rotates which eliminates plastic hinge. The force inside the beam’s tendon will return the beam back to its original position, thus reducing cracking.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 624.17 Nur d-1 2019
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ayuning Diah Nuryani
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:44
Last Modified: 09 Jul 2024 02:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65052

Actions (login required)

View Item View Item