Rancang bangun permainan waktu nyata "Yuk Kita Cari" dengan banyak pemain menggunakan Fash Actionscript 3 (AS3) dan SmartFoxServer2X (SFS2X)

Umam, Mohammad F.K. (2014) Rancang bangun permainan waktu nyata "Yuk Kita Cari" dengan banyak pemain menggunakan Fash Actionscript 3 (AS3) dan SmartFoxServer2X (SFS2X). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5106100064-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5106100064-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Unsur-unsur kegembiraan dan kompetisi yang terdapat dalam sebuah permainan dapat dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan. Berbagai permainan telah dikembangkan untuk membantu anak belajar bahasa asing atau mengenal kosakata bahasa asing tersebut dalam suasana kompetisi yang menyenangkan. Namun, tidak banyak dari permainan-permainan tersebut yang melibatkan interaksi antar jaringan sehingga para pemain bisa bermain bersama dan saling berkompetisi secara daring. Padahal, sebuah permainan akan lebih menarik jika melibatkan interaksi dengan pemain lain. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah permainan waktu nyata dengan banyak pemain berbasis web yang dapat membantu memperkaya kosakata bahasa asing bagi anak-anak. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membangun permainan “Yuk Kita Cari” yang diharapkan dapat menginisiasi pemenuhan kebutuhan tersebut .
Teknologi yang digunakan adalah Flash ActionScript 3 dan SmartFoxServer2X. Platform Flash digunakan untuk membuat sisi aplikasi klien yang berupa jendela–jendela antarmuka tampilan permainan. Agar dapat dimainkan oleh banyak pemain, aplikasi klien satu dengan yang lain disinkronisasikan dengan menggunakan bantuan SmartFoxServer2X. SmartFoxServer2X juga berguna untuk menjembatani koneksi antara aplikasi klien dengan basis data. SmartFoxServer2X menyesuaikan logika ketika berkomunikasi dengan aplikasi klien dengan menggunakan sebuah ekstensi Java. Pengujian dilakukan dengan dua pemain pada lokasi permainan ”teras”. Dari pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi klien memiliki performa stabil ketika dimainkan, rata-rata 24 fps (frame per second). SmartFoxServer2X berhasil menangani sinkronisasi banyak klien dengan kecepatan transfer data antara 0,49 KB/detik hingga 0,69 KB/detik. Ke depan, diharapkan permainan “Yuk Kita Cari” terus dikembangkan sehingga dapat memberikan manfaat lebih untuk membantu memperkaya kosakata bahasa asing bagi anak-anak.

====================================================================================================

The excitement and competition elements that can be found at a game can be used to support education. Many various games have been developed to help a children to learn foreign language or to enrich the vocabulary of that foreign language. But, not many of those game that involve networking as it’s interaction system so that all player can play together and compete each other online. Whereas a game will be more interesting if it involves interaction between player. Thus, the web-based real-time multiplayer game to help children to enrich the vocabulary of foreign language is required. This final project aims to create “Yuk Kita Cari” game for initiating the accomplishment of that requirement .
The technology used in this final project are Flash ActionScript 3 and SmartFoxServer2X. Flash platform is used to create client application that composed by display interfaces of the game. The client application is synchronized with each other using SmartFoxServer2X assistance, so it can be played by many players. SmartFoxServer2X also useful to bridge the connection between the client application with the database. Java extensions used by SmartFoxServer2X for adapting logic when communicating with the client application. Test carried out by 50 player. From the test can be concluded that the client application has a stable performance when played, an average of 24 fps (frames per second). SmartFoxServer2X successfully handle many clients synchronization with data transfer speeds between 0,49 KB/sec up to 0,69 KB/sec. In the future, we hope “Yuk Kita Cari” game can be upgraded so it can provide more benefit to the children to enrich the vocabulary of foreign language.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.269 Uma r
Uncontrolled Keywords: Bahasa asing; Fash Actionscript 3; Pendidikan; Permainan dengan banyak pemain; SmartFoxServer2X
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 24 Jul 2019 05:47
Last Modified: 24 Jul 2019 05:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65389

Actions (login required)

View Item View Item