Prioritas Penanganan Kerusakan Jalan Di Jalan Provinsi Di Daerah Surabaya Selatan Ditinjau Dari Tingkat Kaerusakan Jalan Dan Segi Ekonomi

Amani, Azizah Sagita (2019) Prioritas Penanganan Kerusakan Jalan Di Jalan Provinsi Di Daerah Surabaya Selatan Ditinjau Dari Tingkat Kaerusakan Jalan Dan Segi Ekonomi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000075-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111540000075-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memiliki peranan sangat penting dalam sektor perhubungan darat, yang mendukung kesinambungan distribusi barang dan jasa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Pembangunan di perkotaan adalah salah satu cermin dari pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh infrastruktur jalan yang memadai, sehingga pembangunan dapat dilaksanakan dengan aman, efisien dan tepat waktu. Seperti halnya kondisi jalan pada ruas Jalan Joyoboyo, Jalan Gunungsari dan Jalan Mastrip yang dilalui oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang, yang dapat menurunkan kualitas dari permukaan jalan tersebut, sehingga menjadi tidak nyaman dan tidak aman untuk dilalui. Ketika infrastruktur rusak, distribusi aliran antar daerah akan terganggu dan menyebabkan biaya operasi menjadi tinggi dan tidak nyaman bagi pengguna jalan.
Kerusakan perkerasan merupakan salah satu kehilangan kenyamanan dan kelancaran berkendara di jalan, ada beberapa metode penilaian tingkat kerusakan jalan secara visual salah satunya adalah dengan Penilaian Kerusakan Jalan menurut Indrasurya dan P. Dirgalaksono 1990 hanya saja pada metode tersebut belum memberikan gambaran jumlah dana yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan. Pada tugas akhir ini dilakukan penilaian tingkat kerusakan jalan pada beberapa ruas jalan di kawasan Surabaya Selatan serta menentukan prioritas pemeliharaan jalan sesuai hasil analisa ekonomi dengan menggunakan metode N. D. Lea and Associated Ltd sebagai dasar analisa Biaya Operasi Kendaraan BOK. Hasil dari tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan penilaian terhadap prioritas penanganan kerusakan jalan sesuai Analisa ekonomi.
Hasil yang diperoleh pada Tugas akhir ini untuk menentukan prioritas penanganan kerusakan jalan yaitu prioritas pertama pada ruas Jalan Mastrip A, prioritas kedua pada ruas Jalan Mastrip B, prioritas ketiga pada ruas Jalan Gunungsari A, prioritas keempat pada ruas Jalan Gunungsari B, prioritas kelima pada ruas Jalan Joyoboyo B, prioritas keenam pada ruas Jalan Joyoboyo A.
==============================================================================================================================
Road is a land transportation infrastructure that has a very important role within the land transportation sector, which supports the continuity of the distribution of goods and services to encourage economic growth in an area. Urban development is a mirror of economic growth supported by adequate road infrastructure thus the development can be carried out safely, efficiently and on time. As with the road conditions on the Joyoboyo Street, Gunungsari Street and Mastrip Street segments that are traversed by high and repetitive traffic volumes, which can reduce the quality of the road surface, hit becomes uncomfortable and unsafe to pass. When infrastructure is damaged, the distribution of flow between regions will be disrupted and cause operating costs to be high and uncomfortable for road users.
Damage to pavement is one of the reasons for loss of comfort and smooth driving on the road. There are several methods of assessing the level of road damage visually, one of which is Road Damage Assessment according to Indrasurya and P. Dirgalakson 1990. However, this method does not provide an overview of the amount of funds needed road repair. In this final project, an assessment of the extent of road damage in several roads in the South Surabaya area and determining the priority of road maintenance according to the results of economic analysis using the method of N. D. Lea and Associated Ltd as the basis for analyzing Vehicle Operating Costs BOK will be done. The results of this final project are expected to provide an assessment of the priority of handling road damage according to economic analysis.
The result obtained is to determine the priority of road damage management, namely the first priority on Mastrip Street Section A, the second priority on the Mastrip Street Section B, the third priority on the Gunungsari Street Section B, fifth priority on the Joyoboyo Street Section B, the sixth priority on Joyoboy Street Section A.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan perkerasan, Penilain Kerusakan Jalan Menurut Indrasurya dan P Dirgalaksono 1990, Metode ND Lea and Associated Ltd, Jalan Provinsi Di Surabaya Selatan"======" Pavement Damage, Road Damage Value by Indrasurya dan P. Dirgalaksono 1990, Method of N.D Lea and Associated Ltd, Provincial Roads In South Surabaya
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Azizah Sagita Amani
Date Deposited: 10 Jul 2024 05:42
Last Modified: 10 Jul 2024 05:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65647

Actions (login required)

View Item View Item