Wibawa, Aditya Prakosa (2019) Analisis Sloshing pada Tangki Bilobe Kapal LNG dengan atau Tanpa Penggunaan Baffle Menggunakan Computational Fluid Dynamic dan Alat UJi Eksperimen. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04111540000047_Undergraduate_Theses.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Permintaan terhadap Liquified Natural Gas yang tinggi serta masalah pengangkutan muatan curah yang dapat mengakibatkan kerusakan pada konstruksi tangki akibat dari fenomena sloshing membuat perkembangan dan studi terhadap tangki, gerakan 6 derajat kebebasan serta ¬anti-sloshing terus dilakukan. Tetapi penelitian dengan menggunakan alat uji eksperimen sebagai validasi hasil analisa numerik masih jarang dilakukan. Hal tersebut yang mendasari penelitian ini untuk membuat sebuah alat uji eksperimen yang dapat menggambarkan gerakan tangki dalam roll dan pitch untuk mendapatkan gerakan permukaan muatan cair secara nyata pada ukuran model. Hasil dari permukaan muatan tersebut akan menjadi pembanding untuk hasil analisa numerik yang mengahasilkan static pressure, dynamic pressure dan gerakan permukaan muatan. Dalam pembuatan alat uji eksperimen, terdapat 2 komponen alat yaitu docking dan konverter gerakan. Konverter gerakan memanfaatkan gerakan rotasi yang dihasilkan oleh motor DC yang diubah menjadi gerakan translasi naik turun untuk menggerakan docking secara roll dan pitch. Desain tangki menggunakan independent tank type C yang dikenal dengan tangki bilobe yang memiliki bentuk cylindrical. Analisa numerik menggunakan 2 jenis tangki yaitu tangki bilobe tanpa baffle dan tangki bilobe dengan baffle pada filling level 10%, 50% dan 90% dengan muatan air. Validasi hanya dilakukan pada gerak permukaan tangki dan untuk perhitungan tekanan hanya dilakukan dengan menggunakan analisa CFD. Validasi dilakukan dengan membandingkan gerakan permukaan air pada tangki hasil uji eksperimen dengan gerakan permukaan air pada hasil analisis numerik. Hasil validasi analisa numerik menghasilkan nilai error sebesar 4.13% pada filling level 10%, 2.1 % pada filling level 50% dan 1.74% pada filling level 90%. Dan efek penggunaan baffle bawah pada hasil analisa CFD, memberikan penurunan tekanan statis maksimum di daerah dinding tangki sebesar 5.59% dalam kondisi filling level 10%. Untuk efek penggunaan baffle atas, memberikan penurunan pada tekanan statis maksimumdi daerah longitudinal bulkhead sebesar 4.89% dalam kondisi filling level 90%.====================================================================================================================
High demand for Liquified Natural Gas and liquid transport problems that can cause damage to tank construction because the sloshing phenomenon makes the development and research of the tank, 6 degrees of freedom and anti-sloshing movement carried out. But research using experimental tests as validation of numerical analysis results is still rare. This is what underlies this research to make an experimental test tool that can describe the movement of the tank in roll and pitch to get the surface movement of the liquid charge significantly on the size of the model. The results of the surface will be a comparison for the results of numerical analysis that produces static pressure, dynamic pressure and surface movement of the load. In making an experimental test tool, there are 2 components of the device, namely docking and movement converter. The motion converter utilizes the rotation motion produced by a DC motor which is converted into an up and down translational motion to move the docking on a roll and pitch. The tank design uses an independent tank type C known as a bilobe tank which has a cylindrical shape. Numerical analysis uses 2 types of tanks namely bilobe tank without baffle and bilobe tank with baffle at filling levels of 10%, 50% and 90% with water loads. Validation is only done on the surface of the tank and for pressure calculation is only done using CFD analysis. Validation is done by comparing the movement of the water surface of the tank from the experimental test results with the movement of the water surface on the results of numerical analysis. The results of numerical analysis validation produce an error value of 4.13 % at 10% filling level, 2.1 % at 50% filling level and 1.74% at 90% filling level. And the effect of using bottom baffle on the CFD analysis results, gives a maximum reduction in static pressure at the tank wall area of 5.59% in 10% filling level conditions. To effect the use of the upper baffle, it decreases the maximum static pressure in the longitudinal area of the bulkhead by 4.89% in filling level 90%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bilobe, sloshing, experiment, CFD |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Aditya Prakosa Wibawa |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:28 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:28 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/66854 |
Actions (login required)
View Item |