Estimasi Waktu Dan Biaya Pada Pembangunan Jembatan Pasekaran Bentang 84,4 M Proyek Jalan Tol Pamalang-Batang

Siswono, Gati Ajeng Wilis (2019) Estimasi Waktu Dan Biaya Pada Pembangunan Jembatan Pasekaran Bentang 84,4 M Proyek Jalan Tol Pamalang-Batang. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 10111815000071_undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
10111815000071_undergraduate_theses.pdf

Download (34MB) | Preview

Abstract

Proyek pembangunan jembatan Pasekaran dengan bentang 84,4 meter pada proyek jalan tol Pemalang-Batang tepatnya berada di Sta. 369+181 terdiri dari 2 pier dan 2 abutment dengan pembangian bentang yaitu 16,8 meter, 50,2 meter, dan 17,4 meter. Pondasi jembatan Pasekaran menggunakan pondasi borpile dengan kedalaman 30 m pada abutment dan 35 m pada pier. Dengan perhitungan rencana anggaran biaya meliputi biaya bahan, upah tenaga kerja, peralatan dan biaya-biaya lain yang berkaitan dengan metode Analisa Harga Satuan Pekerjaan Permen PUPR no 28 tahun 2016. Metode pelaksanaan yang diterapkan mengacu pada pekerjaan standar pengerjaan yang sering diterapkan dilapangan. Penyusunan jadwal setiap pekerjaan dengan menggunakan alat bantu Microsoft Project dan Microsoft Excel dengan waktu pelaksanaan pekerjaan struktur jembatan Pasekaran selama 188 hari kalender atau 25 minggu kerja. Sedangkan, dalam menghitung biaya menggunakan analisa harga satuan pekerjaan (AHSP) dengan total rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sebesar Rp 38.804.485.512,- (Tiga Puluh Delapan Miliyar Delapan Ratus Empat Juta Empat Ratus Delapan Puluh Lima Ribu Lima Ratus Dua Belas Rupiah).
=================================================================================================================================
The construction of the Pasekaran bridge with a span of 84.4 meters on the Pemalang-Batang toll road project precisely located at Sta. 369 + 181 consists of 2 piers and 2 abutments with span development which are 16.8 meters, 50.2 meters, and 17.4 meters. The Pasekaran bridge foundation uses a bor pile foundation with a depth of 30 m on the abutment and 35 m on the pier. With the calculation of the budget plan covering material costs, labor costs, equipment and other costs related to the method of the Work Unit Price Analysis of the PUPR Permen No. 28 of 2016. The implementation method applied refers to the standard workmanship that is often applied in the field. Schedule each work by using Microsoft Project and Microsoft Excel tools with the implementation time of the Pasekaran bridge structure work for 188 calendar days or 25 working weeks. Whereas, in calculating costs using an analysis of the work unit price (AHSP) with a total budget plan required to complete the work amounting to Rp 38.804.485.512,- (Thirty eight billion eight hundred four million four hundred eighty five thousand five hundred twelve rupiah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSIS 624.2 Sis e-1 2019
Uncontrolled Keywords: budget plan, implementation time, AHSP
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Gati Ajeng Wilis Siswono
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:26
Last Modified: 23 Feb 2024 03:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/66878

Actions (login required)

View Item View Item