Devagya, Ibnu Rusdi (2019) Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Listrik Pln Dan Generator Diesel Sebagai Sumber Energi Listrik Pada Galangan Kapal Baru. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
27 juli.pdf Download (8MB) | Preview |
Text
04111440000022-Undergraduate_Thesis.pdf Download (8MB) |
Abstract
Galangan Kapal dalam melakukan aktivitas produksinya membutuhkan daya listrik untuk menyuplai alat-alat produksi yang digunakan selama aktivitas produksi berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi tentang penggunaan listrik PLN dan generator diesel sebagai sumber energi listrik pada Galangan Kapal baru, sehingga diharapkan peralihan suplai sumber listrik yang semula berumber dari PLN menjadi generator diesel mampu memberikan keuntungan untuk Galangan Kapal dari penghematan yang dilakukan. Pengukuran daya Galangan Kapal dimulai dari mengukur daya alat-alat yang ada di Galangan Kapal menggunakan Clampmeter dimana daya Galangan Kapal setelah dilakukan pengukuran sebesar 1656,28 kWh pada jam puncak dan total sebesar 6974,64 kWh selama satu hari. Generator yang dipilih harus mampu menyuplai daya Galangan Kapal terutama ketika di jam puncak produksi dan dipilih generator diesel solar dan gas yang ada di pasaran, pada penelitian ini dipilih generator diesel caterpillar 3516E yang mempunyai daya sebesar 2750 kW dan generator gas G3520H yang mempunyai daya sebesar 2469 kW, dimana harga dari masing-masing generator adalah sebesar Rp. 6.888.950.000 untuk generator diesel solar dan Rp. 14.030.267.500 untuk generator gas. Suplai bahan bakar untuk generator diesel solar sistem suplai bahan bakar melalui distribusi pertamina sedangkan untuk generator gas menggunakan sistem distribusi gas melalui pipa PT.Perusahaan Gas Negara (Persero).Saat ini Galangan Kapal mengeluarkan biaya sebesar Rp. 7.212.985 per harinya. Dengan menggunakan suplai bahan bakar dari pertamina generator diesel solar akan membutuhkan biaya variable cost sebesar Rp. 24.703.308 per harinya sedangkan generator gas membutuhkan biaya variable cost sebesar Rp. 6.155.980 per harinya dengan mengganti sumber listrik yang semula dari suplai PLN menjadi generator diesel solar maka Galangan Kapal akan mengalami kerugian sebesar Rp. 17.490.323 per harinya dan Rp.4.547.484.096 per tahunnya dan bila Galangan Kapal mengganti sumber energi listrik menjadi generator diesel gas maka Galangan Kapal akan mendapatkan keuntungan melalui penghematan sebesar Rp. 1.057.004 per harinya dan sebesar Rp. 274.821.059 per tahunnya.
================================================================================================================================
Shipyard when comes to its production activity need electricity power in order to supply its machinery tools. The objective this study is to analyze the usage of electricity source from and diesel generator at shipyard. The main goal of the transition of the electricity supply from PLN to diesel generator is to gain more profit from electricity savings cost at the shipyard. The method to measure the electricity power in the shipyard begins with measuring all of machinery with clampmeter. The result of measurement at the shipyard is 1656,28 kWh for its peak hour and 6974,64 for a day. The generator that is choosen must be able to supply the shipyard electircty especially in its peak hour. In this final project the choosen generator are 3516E caterpillar generator solar fuel which has 2750 kW power and G3520H caterpillar which has 2469 kW. The price for each generator is 6.888.950.000 for solar fuel generator and Rp. 14.030.267.500 for gas generator. The fuel supply for diesel generators throught disrtibution of PT. Pertamina (Persero) meanwhile for gas generator using pipeline of gas distribution of PT. Perusahaan Gas Negara (PGN). At current condition shipyard spending Rp. 7.212.985 everyday. Using fuel supply from pertamina solar diesel generator will spend its variable cost Rp. 24.703.308 everyday, while gas generator will spend Rp. 6.155.980 for its variable cost everyday. When the shipyard change its main electricity power from PLN to be solar fuel generator, the shipayrd will suffer a loss about Rp. Rp. 17.490.323 everyday and Rp.4.547.484.096 each year. If the shipyard change its main electricity power from PLN to gas fuel generator it will save the bills about Rp. 1.057.004 everyday and Rp. 274.821.059 each year
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Galangan Kapal,Daya Listrik,Generator Gas |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ibnu Rusdi Devagya |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/67200 |
Actions (login required)
View Item |