Wulandari, Wika (2019) Evaluasi Tingkat Pelayanan Gerbang Tol Kapuk pada Ruas Tol Prof Dr. Sedyatmo, Jakarta Utara. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111745000023_Undergraduate_Theses.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan bagi kendaraan bersumbu dua atau lebih yang penggunanya wajib membayar tarif tol. Pada suatu sistem jaringan jalan tol masih didapati aksessibilitas yang belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol karena masih ditemui kemacetan. Kemacetan tersebut sering terjadi di pintu gerbang tol dimana merupakan akses masuk dan keluar jalan tol. Studi kasus penelitian masalah ini dilakukan pada gerbang tol Kapuk yang berada pada ruas Jalan Tol Prof Dr. Sedyatmo. Pada gerbang tol ini sering terjadi antrian yang panjang terutama pada jam-jam sibuk. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah waktu pelayanan gerbang tol, panjang antrian kendaraan, volume lalu lintas dan peta jalan tol. Metode forecasting juga digunakan untuk mendapatkan volume lalu lintas hingga beberapa tahun kedepan. Parameter yang digunakan dalam analisa kapasitas gerbang tol ini adalah panjang antrian dan waktu pelayanan yang menggunakan displin antrian FIFO. Hasil evaluasi dan perencanaan ulang gerbang tol Kapuk ini adalah panjang antrian dan jumlah gate yang dibutuhkan untuk menampung volume kendaraan yang ada. Untuk tahun 2019 jumlah gate untuk GTO adalah 16 dengan panjang antrian 8 emp, OBU adalah 1 dengan panjang antrian 0 emp, Multigate yang semula hanya ada 3 gardu dievaluasi menjadi 5 gardu multigate dengan panjang antrian 2 emp untuk 4 gardu tol multigate dan 1 emp untuk satu gardu multigate. Tahun 2024 jumlah gate untuk GTO adalah 10 gate dengan panjang antrian 2 emp, OBU adalah 7 dengan panjang antrian 4 emp, untuk gardu tol multigate direncanakan masih berjumlah 5 gate dengan panjang antrian 7 emp. Dan hasil analisis tahun 2029 jumlah gate untuk GTO adalah 7 gate dengan panjang antrian 4 emp, OBU adalah 8 gate dengan panjang antrian 2 emp, dan gardu tol multigate direncanakan menjadi 7 gate dengan panjang antrian 5 emp.
==============================================================================================================================
Toll road is a freeway for two or more wheeled vehicles whose users are required to pay toll rates intended to shorten the distance and travel time. In a toll road network system, there are accessibility that has not met Toll Road Minimum Service Standards since there are still traffic jam. These traffic jams often occur at the toll gate which is the entrance and exit access of the toll road. The research case study of this problem was carried out at the Kapuk toll gate which is located on the Prof Dr. Sedyatmo Toll Road section. Where long queues often occur at the toll gates, especially during rush hour.
The data used in this study are service time of toll gate, queue length, traffic volume data, and toll road maps. Forecasting methods are also used to get the traffic for the next few years. The parameters used in the analysis of the toll gate capacity are the queue length and service time using the FIFO queue discipline. The results of the Kapuk toll gate evaluation and re-planning are the queue length and number of gates needed to accommodate the volume of the vehicles. For 2019, the number of gates for a GTO is 16 with a queue length of 8 emp, OBU is 1 with a queue length of 0 emp, Multigates which was originally only 3 gates was evaluated into 5 multigate with 2 emp queue lengths for 4 multigate and 1 emp for 1 multigate. In 2024, the number of gates for GTO is 10 with 2 emp queue length, OBU is 7 with 4 emp queue length, for multigates it’s planned to have 5 gate with 7 emp queue length. The analysis results in 2029 the number of gates for GTO is 7 with a queue length of 4 emp, OBU is 8 with a queue length of 2 emp, and the multigate is planned to be 7 gates with 5 emp queue length.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Wul e-1 2015 |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, gerbang tol, pelayanan gerbang tol |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Wika Wulandari |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 00:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 00:49 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/67208 |
Actions (login required)
View Item |