Iman, Rayhan Arifinnur (2019) Investigasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Opinion Leader Instagram, Untuk Perilaku Hijau Dalam Membeli Produk Ukm: Studi Kasus Generasi Millennial. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
SKRIPSI FIX FINAL.pdf Download (3MB) | Preview |
![]() |
Text
09111540000053-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) |
Abstract
Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia, terbukti dengan kontribusinya yang menyumbang lapangan pekerjaan sekitar 97,02 persen dan menyumbang kepada PDB Indonesia sebesar 60,34 persen. UKM juga bisa dikatakan tahan terhadap krisis karena bahan baku dan konsumen dari UKM sendiri merupakan masyarakat pada negara itu sendiri. Cepatnya perkembangan teknologi dan adanya perubahan terhadap pola konsumsi konsumen yang ada pada generasi milenial mendorong UKM untuk memiliki kemampuan dalam mengadaptasi fasilitas teknologi yang ada di internet. Salah satunya adalah dengan menggunakan opinion leader media sosial. Pada penelitian ini akan menguji faktor apa saja yang mendorong konsumen untuk mengikuti saran untuk menjalankan green behaviour terhadap produk UKM contohnya mengonsumsi produk sedotan stainless steel. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah multiple cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada 180 responden yang aktif menggunakan Instagram dan mengikuti kegiatan dari opinion leader yang ada pada media sosial Instagram. Penelitian ini menemukan adanya hubungan positif yang mendorong seseorang untuk mengikuti saran yang diberikan oleh opinion leader pada media sosial Instagram. Juga terdapat tiga implikasi manajerial yang dapat diaplikasikan oleh penggiat UKM dengan memperhatikan karakteristik dari konsumen. Implikasi tersebut dapat diaplikasikan kepada UKM dengan harapan untuk meningkatkan keuntungan dari UKM itu sendiri.
====================================================================================================================================
Small and Medium Enterprises (SMEs) play an important role in Indonesia’s economy, as evidenced by their contribution to employment around 97.02 percent and contribute to Indonesia's GDP 60.34 percent. SMEs can also be agreed to be resistant to crises because raw materials and consumers of SMEs themselves are communities in the country itself. Rapid technological developments and also changes to consumer consumption patterns that exist in millennial generation encourage SMEs to have the ability to adapt technological facilities available on the internet. One of them is to use social media opinion leader. In this study, we will discuss what factors encourage consumers to follow the advice to run green behavior towards SME products, for example consuming stainless steel straw products. The research design used in this study was multiple cross-sectional. Data collection was carried out using an online questionnaire distributed to 180 respondents who actively used Instagram and participated in activities on Instagram social media. This study found a positive relationship that encouraged someone to accept the advice given by opinion leaders on Instagram social media. Also includes three managerial implications that can be applied by SME activists by paying attention to the characteristics of consumers. This implication can be applied to SMEs in hopes of increasing the profits of the SMEs themselves.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSMB 658.834 2 Ima i-1 |
Uncontrolled Keywords: | UKM, Opinion Leader, Instagram, Structural Equation Modelling, Perilaku Hijau, Opinion Leader, Instagram, Structural Equation Modeling, Green Behavior. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.1265 Internet marketing. |
Divisions: | Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rayhan Arifinnur Iman |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 07:11 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 07:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/68032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |