Analisis Pemilihan Jenis Perkerasan Jalan untuk Menangani Kerusakan Jalan pada Ruas Jalan Desa Batuputih Daya Kabupaten Sumenep

Megarani, Fitri (2019) Analisis Pemilihan Jenis Perkerasan Jalan untuk Menangani Kerusakan Jalan pada Ruas Jalan Desa Batuputih Daya Kabupaten Sumenep. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000014-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000014-Undergraduate_Theses.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2016 jumlah kependudukan di Kabupaten Sumenep sebanyak 1,076 juta jiwa meningkat hingga mencapai 1,081 juta jiwa pada tahun 2017. Hal ini beriringan dengan meningkatnya kepadatan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Sumenep. Dengan meningkatnya kependudukan dan kepadatan lalu lintas di Kabupaten Sumenep, tetapi tidak diimbangi dengan perbaikan mutu dari sarana dan prasarana jalan yang ada, sehingga menyebabkan beberapa wilayah mengalami kerusakan jalan. Salah satu dari beberapa wilayah di Kabupaten Sumenep yang memerlukan perbaikan kerusakan pada ruas jalan adalah Desa Batuputih Daya. Jalan sepanjang 3 km ini mengalami kerusakan berupa pengausan, lubang, pelepasan butiran agregat, dan lain-lain. Dalam perencanaan Tugas Akhir ini menggunakan 2 jenis data yaitu data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa data PDRB dan data HSPK Kabupaten Sumenep. Data primer berupa nilai kerusakan jalan dan drainase, data tanah dan data LHR. Data-data tersebut diolah kemudian dilakukan analisis. Terdapat tiga hal yang akan dianalisis dalam Tugas Akhir ini. Pertama, dilakukan penilaian kondisi kerusakan pada ruas jalan studi menggunakan Metode Dirgolaksono dan Indrasurya 1990. Kemudian dilakukan penanganan dari nilai kerusakan tersebut dengan melakukan perencanaan struktur perkerasan jalan menggunakan Metode Bina Marga 2017 dengan usia rencana 20 tahun untuk perkerasan lentur, dan usia rencana 40 tahun untuk perkerasan kaku. Setelah merencanakan tebal struktur perkerasan, dilakukan pula analisis biaya. Terakhir, dari kedua jenis perkerasan tersebut dipilih jenis perkerasan jalan yang memiliki biaya paling minimum. Berdasarkan analisa tersebut akan di dapatkan nilai kerusakan jalan pada lokasi studi, tebal perkerasan serta rancangan anggaran biaya yang dibutuhkan dalam proses pengerjaan jalan tersebut. Berdasarkan hal di atas, diperoleh hasil penilaian kondisi kerusakan jalan dengan nilai TDP 51,125 dan nilai kondisi drainase sebesar 11,67, serta diperoleh hasil perkerasan lentur dengan stabilisasi tanah semen (soil cement) sebagai perbaikan kerusakan perkerasan jalan di Ruas Jalan Desa Batuputih Daya, Kabupaten Sumenep dengan tebal lapis pondasi agregat kelas A setebal 16 cm, dan Burda setebal 5 cm.
=================================================================================================================================
In 2016, the statistic of population growth in Sumenep increased in amount 1,076 which up to 1,081 million people lived in 2017. This issue was in juxtaposition toward the increasing of traffic occurred in Sumenep. If this condition is supported by timely maintenance which was not performed, the pavement would be in term of pavement distresses or driveway cracks might occur. One of areas in Sumenep which needed repairing in particular driveway was Batuputih Daya Village. This 3 km driveway apparently potholes, polished of agregat and ravelling. In this research, primary and secondary data were used by the researcher in analyzing. PDRB and data from HSPK Sumenep were the secondary data used in this research. Furthermore, the value of driveway cracks and drainage, soil data and LHR data were the primary data used by the researcher. Firstly, driveway cracks checking was held by employing the Method of Dirgolaksono and Indrasurya 1990. To then repairing action toward the driveway cracks, which was held by following few procedures of concrete pavement design employing the Method of Bina Marga 2017, which would accurately survive traffic pound for over 20 years estimation to perform flexible pavement design and 40 years estimation for rigid pavement design. Afterwards, the thickness pavement design and the cost analysis were held in the meantime. The layered pavement design was chosen by the principles of minimum cost it offered. Accordingly, the analysis helped to reach decision of what pavement design would fit the driveways, the thickness and how much the cost estimationwould be. Regarding statements above, the results found that the value of driveway cracks were TDP 51,125 and drainage condition 11,67, as to what type of pavement design suitable were flexible-layered with stabilisasion of soil cement as the repairing treatment for Batuputih Daya Village roads, Sumenep with the thickness agregat foundation in type of A 16 cm and Burda 5 cm.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSS 625.76 Meg a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Nilai kondisi kerusakan jalan, perkerasan lentur, perkerasan kaku, analisis biaya.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Fitri Megarani
Date Deposited: 17 Apr 2024 02:43
Last Modified: 17 Apr 2024 02:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68324

Actions (login required)

View Item View Item