Ardhianutama, Fikri (2019) Studi Eksperimen Analisis Heave Damping Pada SPAR Akibat Penambahan Heave Plate di Keel. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04311540000110-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Studi pada penelitian tugas akhir ini merupakan studi eksperimen free decay test pada SPAR, dengan uji coba bagaimana pengaruh adanya penambahan heave plate di keel terhadap heave damping. Kegiatan eksperimen dikerjakan di Kolam Manuevering Ocean Engineering Basin, Balai Teknologi Hidrodinamika - BPPT. Model SPAR yang dibuat mengikuti model Classic SPAR dengan skala 1:125. Sistem tambat yang digunakan pada model SPAR ini adalah tipe taut dengan konfigurasi 4 tali identik. Uji coba eksperimen yang dikerjakan hanyalah uji coba heave decay test, sehingga gerakan yang diteliti pada eksperimen kali ini hanyalah gerakan heave. Heave plate yang digunakan untuk eksperimen memiliki rasio diameter sebesar 1.3x dari diameter model SPAR. Analisis yang dilakukan setelah uji coba eksperimen adalah membandingkan hasil eksperimen dengan perhitungan analitis dan menggunakan Strip Theory. Hasil dari eksperimen tersebut menyatakan bahwa adanya heave plate pada keel SPAR dapat menambah besarnya heave damping hingga 49 %. Begitu juga dengan analisis metode analitis dan Strip Theory yang hasilnya tidak terpaut jauh dari nilai hasil eksperimen dimana terjadi peningkatan nilai heave damping hingga 54 %. Selain menimbang komponen redaman, analisis yang dikerjakan juga berpengaruh terhadap komponen massa tambah. Baik dari hasil eksperimen, analitis, maupun Strip Theory menyimpulkan bahwa heave plate pada SPAR dapat menambah besarnya heave added mass hingga 77 %.
==============================================================================================================================
Study in this thesis is a free decay test’s experiment of SPAR, how the impact of heave damping due to heave plate addition at keel. The experiment was doing at Manuevering Ocean Engineering Basin, Balai Teknologi Hidrodinamika – BPPT. The SPAR model refer to the model of Classic SPAR with 1:125 scale. Mooring system which used in the SPAR model is taut type with 4-mooring identical configuration. This experiment is only do the heave decay test, so the motion which is researched is only a heave motion. The heave plate which is used for the experiment has a 1.3 diameter ratio of SPAR model diameter. Analyses was doing after the experiment are comparing experiment result with the analytical and Strip Theory calculation. The experiment result claim that heave plate addition at the SPAR’s keel can increase heave damping up to 49 %. Likewise the results of analytical and Strip Theory method is close to the experiment result that it happened an increase of heave damping up to 54 %. Not only consider the damping component, but the analysis of an added mass is also investigated. The results of experimental, analytical, and Strip Theory analysis concluse a heave plate of SPAR can increase a heave added mass value up to 77%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPAR, damping, heave plate, added mass |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Fikri Ardhianutama |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 06:25 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 06:25 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/68572 |
Actions (login required)
View Item |