Perancangan Mekanisme Sistem Transmisi Gearbox Pada Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut

Hendrianto, Aan Agus (2019) Perancangan Mekanisme Sistem Transmisi Gearbox Pada Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000033_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000033_Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perinsip kerja pembangkit listrik tenaga arus laut (PLTAL) yaitu adanya arus laut yang menggerakkan sebuah prime mover (turbin) untuk berputar dan di transmisikan ke gearbox lalu di teruskan ke generator pembangkit untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Salah satu komponen utama pembangkit listrik tenaga arus laut adalah gearbox. Gearbox digunakan untuk mempercepat putaran dari poros prime mover ke poros generator agar putaran yang dibutuhkan oleh generator sesuai dengan spesifikasi generator itu sendiri. Speed Reducer (perubah kecepatan) adalah alat yang berfungsi untuk merubah (menaikkan atau menurunkan) kecepatan putaran. Speed reducer yang diperlukan adalah penaik kecepatan. Apabila putaran turbin lambat, maka harus dipercepat agar putaran yang dibutuhkan generator untuk bekerja maksimal dapat dicapai. Kecepatan putaran yang tepat pada generator diperlukan sebagai salah satu syarat agar listrik yang dihasilkan dapat optimal sesuai dengan spesifikasi generator. Bila putaran generator tidak tepat (kurang atau melampui batas yang direkomendasikan) dapat merusak generator. Oleh karena itu diperlukan perhitungan dan perancangan mekanisme sistem transmisi gearbox yang tepat untuk memilih speed reducer pada pembangkit listrik tenaga arus laut. Tugas akhir ini memiliki dua alternatif disain, single stage planetary dan double satge planetary. Dengan dilakukan perhitungan dan perancangan didapatkan hasil, bahwa tipe gearbox yang dipilih untuk keperluan pembangkit listrik adalah tipe Double stage planetary.
=============================================================================================================================
The principle of the work of ocean current power plants (PLTAL) is the presence of ocean currents that drive a prime mover (turbine) to spin and transmit to the gearbox then forward to the generator to convert mechanical energy into electrical energy. One of the main components of ocean current power plants is the gearbox. Gearbox is used to accelerate the rotation of the prime mover shaft to the generator shaft so that the rotation needed by the generator is in accordance with the specifications of the generator itself. Speed Reducer is a device that serves to change (increase or decrease) the speed of rotation. The speed reducer required is speed increase. If the turbine rotation is slow, it must be accelerated so that the rotation needed by the generator to work optimally can be achieved. The right rotation speed on the generator is needed as one of the conditions so that the electricity produced can be optimal according to the generator specifications. If the generator rotation is not right (less or exceeding the recommended limit) it can damage the generator. Therefore it is necessary to calculate and design the right gearbox transmission mechanism to select speed reducers in ocean current power plants. This final project has two alternative designs, single stage planetary and double satge planetary. By calculating and designing the results obtained, that the type of gearbox selected for the purpose of the power plant is a Double stage planetary type.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Gearbox, Planetary Gear, Pembangkit Listrik
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hendrianto Aan Agus
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:07
Last Modified: 03 Jul 2024 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68706

Actions (login required)

View Item View Item